Rumah Lutfhi Hasan Ishaaq Dilelang

Achmad Zulfikar Fazli    •    Senin, 09 Oct 2017 10:48 WIB
kasus korupsi
Rumah Lutfhi Hasan Ishaaq Dilelang
Bekas Presiden PKS Lutfhi Hasan Ishaaq/Foto: ANT

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melelang rumah milik bekas Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Lutfhi Hasan Ishaaq. Lelang merupakan pelaksanaan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap dalam kasus suap impor daging dan tindak pidana pencucian uang.

"Sebagai pelaksanaan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap dalam perkara Lutfi Hasan Ishaaq, Jaksa eksekusi selaku pejabat penjual akan melakukan pelelangan barang rampasan dengan pejabat lelangnya dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta III," kata juru bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Senin 9 Oktober 2017.

Barang rampasan KPK itu berlokasi di Perumahan Rumah Bagus Residence Blok B1, Jalan Kebagusan Dalam I RT 007 RW 04, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Dengan luas tanah kurang lebih 441 m2 dan harga limit Rp2.965.171.000.

Barang rampasan negara itu akan dilelang pada Jumat 13 Oktober 2017, di Kantor KPKNL Jakarta III Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun, Jakarta Pusat.

Luthfi dinyatakan bersalah oleh Pengadilan Tipikor Jakarta, dalam kasus suap impor daging dan tindak pidana pencucian uang. Ia divonis 16 tahun dan denda Rp 500 juta.  Namun, Luthfi melawan dan melakakuan banding ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Hasilnya pun sama.

Tak puas, ia pun mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung. Nahas, dalam upayanya kali ini, justru hukumannya bertambah.

Ketua Kamar Pidana Mahkamah Agung Artidjo Alkostar mengganjar hukuman 18 tahun penjara, pencabutan hak politik dan denda Rp1 miliar untuk Luthfi. Hukuman pencabutan hak politik kala itu merupakan yang pertama diberikan MA kepada terpidana kasus korupsi.


(OJE)