Kondisi Novanto Sehat dan Bisa Hadiri Sidang

Juven Martua Sitompul    •    Rabu, 13 Dec 2017 05:28 WIB
korupsi e-ktpsetya novanto
Kondisi Novanto Sehat dan Bisa Hadiri Sidang
Tersangka Korupsi KTP-el Setya Novanto. Foto: Antara/ Puspa Perwitasari

Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menegaskan kondisi tersangka korupsi KTP elektronik (KTP-el) Setya Novanto dalam keadaan sehat. Lembaga Antirasuah memastikan sidang perkara korupsi KTP-el digelar hari ini.

"Kan enggak sakit sampai sekarang. Jadi persidangan akan tetap jalan prosesnya," kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarief saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa 12 Desember 2017.

Laode justru merasa heran jika ada pihak-pihak yang menyebut kalau kondisi Novanto sedang buruk. Dia meminta Novanto dan tim kuasa hukum untuk bersikap kooperatif dan tidak menghindari persidangan.

"Emang ada pembicaraan bahwa dia sakit? Ya saya juga flu sekarang tapi saya masih bisa datang kesini kan," ujar dia.

Baca juga: Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

Laode mengaku yakin sidang perdana perkara korupsi yang rugikan uang negara hingga Rp2,3 triliun itu bakal dimulai. Sehingga, lanjut dia, gugatan praperadilan Novanto akan gugur.

"Jadi kalau seandainya sudah dimulai seharusnya praperadilannya nanti dipertimbangkan di dalam perkara pokoknya," pungkas Laode.

Sebelumnya, Maqdir Ismail selaku kuasa hukum Novanto menyebut kondisi kliennya sedikit memburuk dan sering batuk. Menurut dia, kesehatan kliennya menurun karena perubahan cuaca.

"Tapi agak memburuk ya, batuk-batuk. Tapi semoga besok lancar, mungkin karena kondisi cuaca juga," kata Maqdir dikofirmasi terpisah.

Baca juga: Novanto Mulai Depresi Jelang Sidang Dakwaan

Kendati tengah diserang flu, Maqdir memastikan Ketua Umum Partai Golkar nonaktif itu bakal hadir dalam sidang perdananya di Pengadilan Tipikor Jakarta besok. Dia yakin Novanto bisa mengikuti sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan tersebut.

"Kita usahakan yang terbaik. Tapi kondisi lancar-lancar. Semoga besok kan cuma duduk ya bisa lancar sampai persidangan," pungkas Maqdir.

Sidang perdana perkara korupsi KTP- el dengan terdakwa Ketua DPR RI Setya Novanto akan digelar di Pengadilan Tipikor Jakarta pada Rabu 13 Desember 2017 besok. Sidang perdana ini beragendakan pembacaan dakwaan terhadap Novanto.

Sidang perkara megakorupsi yang rugikan uang negara hingga Rp2,3 triliun itu akan dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Yanto dan empat anggota Majelis Hakim yakni Franky Tambuwun, Emilia Djajasubagja, Anwar, dan Ansyori Syaifudin.



(CIT)

Politikus PKB Bantah Kenal Dirut Quadra Solution

Politikus PKB Bantah Kenal Dirut Quadra Solution

59 minutes Ago

KPK menetapkan Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiharjo sebagai tersangka koru…

BERITA LAINNYA