Auditor BPK Sempat Curiga Bakal Ditangkap KPK

Damar Iradat    •    Rabu, 10 Jan 2018 23:15 WIB
suap di bpk
Auditor BPK Sempat Curiga Bakal Ditangkap KPK
Suasana persidangan terdakwa kasus suap auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Rochmadi Saptogiri.

Jakarta: Auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sempat menduga akan ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat bertemu Inspektur Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) di sebuah pusat perbelanjaan di kawasan Cilandak, Cilandak Town Square.

Hal tersebut diungkapkan oleh auditor BPK Yudy Ayodya Baruna dan pihak swasta Apriyadi Malik saat bersaksi untuk terdakwa Rochmadi Saptogiri di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta. Dalam kesaksiannya, Yudy mengaku sempat mendengar rumor akan ada auditor BPK yang akan ditangkap KPK.

"Jadi, sebelum ini kan ada yang hampir OTT itu Pak, saya diceritakan. Katanya hampir OTT waktu itu Pak Triantoro. Saya cuma dengar itu di kantor saja, omongan-omongan," kata Yudy di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu 10 Januari 2018.

Pernyataan Yudy diperkuat oleh kesaksian Apriyadi. Ia menceritakan, saat mengikuti sebuah pertemuan di Cilandak Town Square bersama auditor BPK Ali Sadli dan Rochmadi Saptogiri serta Irjen Kemendes Sugito, ia mencurigai ada beberapa orang yang mengikutinya.

Saat itu, mereka yang bertemu mencurigai beberapa orang yang diduga sebagai penyidik KPK. Setelah Ali Sadli terciduk KPK, hal tersebut dikatakan kepada Yudy.

Baca: Rochmadi Didakwa Mencuci Uang Rp3,5 Miliar Hasil Gratifikasi

"Pas Ali Sadli ketangkap, saya bilang inget nggak, waktu itu saya bilang ada enam atau tujuh orang yang mendekati kita, itu mungkin orang KPK, saya bilang begitu," kata Apriyadi.

Jaksa pada KPK kemudian mempertanyakan bagaimana ia mengetahui orang-orang yang ia curigai tersebut sebagai penyidik KPK. Menurutnya, hal itu sekadar feeling dan asumsinya.

"Saya punya feeling, asumsi saya aja Pak," tuturnya kepada jaksa.

Kendati begitu, Apriyadi mengaku tak mengetahui soal pembicaraan antara para auditor BPK dan pihak Kemendes. Selang beberapa hari, Ali Sadli, Rochmadi Saptogiri dan Irjen Kemendes ditangkap oleh KPK.


(JMS)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA