Gatot Buka Peluang 'Bertarung' pada Pilpres 2019

Achmad Zulfikar Fazli    •    Selasa, 05 Dec 2017 13:39 WIB
panglima tni gatot nurmantyo
Gatot Buka Peluang 'Bertarung' pada Pilpres 2019
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo/ANT/Wahyudi

Bogor: Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo membuka peluang 'bertarung' pada Pilpres 2019. Jenderal bintang empat yang memasuki masa pensiun Maret 2018 ini mengaku tak bisa menghindari panggilan negara.

"Saya sebagai prajurit, walaupun pensiun, manakala negara memanggil untuk mengabdi, sekecil apa pun saya siap," tegas Gatot di Kompleks Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Selasa, 5 Desember 2017.

Mantan Kepala Staf Angakatan Darat (KSAD) ini disebut-sebut sebagai calon wakil presiden (cawapres) potensial pada Pilpres 2019. Sejumlah partai politik pun sudah melirik Gatot mendampingi Presiden Joko Widodo.

Sayangnya, Gatot enggan bicara banyak soal itu. Apalagi, saat ini ia masih aktif sebagai abdi negara. Ada beberapa aturan yang harus ditaati sebagai orang nomor satu di TNI.

"Saya katakan nanti saja Kita lihat. Sekarang saya bagaimana perintah Pak Jokowi menyiapkan semuanya ini, sekarang ini secara de facto de jure masih Panglima TNI. Masih punya kesempatan untuk menyiapkan sehingga pada saat pergantian berjalan mulus semuanya karena itu yang harus dilakukan," beber dia.


(OJE)