Pungli di Kepolisian, Mabes Polri Akui Masih Ada Polisi tak Berintegritas

Renatha Swasty    •    Selasa, 18 Oct 2016 22:49 WIB
pungli
Pungli di Kepolisian, Mabes Polri Akui Masih Ada Polisi tak Berintegritas
Ilustrasi. (ANT/Hafidz Mubarak)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri Kombes Martinus Sitompul mengakui masih ada oknum polisi yang tidak berintegritas. Lantaran itu, masih ada anggota yang menerima pungutan liar (pungli).

"Kalau kita ingin melakukan satu kaitan pembenahan pertama adalah soal aparaturnya, aparaturnya termasuk anggota polrinya lah, itu kan juga harus memiliki satu integritas, satu dedikasi," ujar Martinus di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (18/10/2016).

Martinus menyebut hingga kini Mabes Polri sebagai induk, terus memberikan pengajaran pada jajaran di bawah untuk menumbuhkan rasa integritas pada anggota polisi. Meski demikian, hal itu diakui Martinus tidak bisa dilakukan secara instan.

"Ini harus ditumbuhkembangkan terus, tidak bisa ujug ujug dengan sekali berbicara terus kita dapatkan hasil yang baik tapi kita terus melakukan penjelasan kepada personel polri supaya makin hari makin baik," tambah Martinus.

Perbaikan kata Martinus juga harus dilakukan pada sistem. Saat ini teknologi semakin baik untuk mencegah adanya pungli dengan diadakan sistem online, tapi teknologi perlu diimbangi dengan integritas anggota supaya makin memperkecil kemungkinan pungli.

"Kalau modern bukan hanya teknologi saja tapi tentunya cara berpikir, bertindak dari aparaturnya jangan sampai sudah ada sistem, dibuat yang tidak benar sehingga mendapatkan hasil yang baik," ujar Martinus.

Terakhir untuk melakukan pembenahan yang baik juga perlu ada peran serta masyarakat. Untuk membentuk Polri yang lebih baik peran masyarakat sangat dibutuhkan.

Dia menyebut bila masyarakat melihat adanya pungli sebisa mungkin langsung dilaporkan. Kalaupun tidak bisa dilaporkan segera, ada banyak tempat pengaduan untuk melaporkan pungli.


(LDS)