Rawan Konflik, Polri Waspadai Pilkada di 3 Provinsi

Dheri Agriesta    •    Selasa, 20 Sep 2016 17:11 WIB
pilkada serentak
Rawan Konflik, Polri Waspadai Pilkada di 3 Provinsi
Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Boy Rafli Amar. ANT/Reno Esnir.

Metrotvnews.com, Jakarta: Polri akan mengamankan proses Pilkada Serentak 2017. Ada tiga provinsi yang menjadi sorotan dan patut diwaspadai.
 
Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Boy Rafli Amar mengatakan, seluruh Kapolda telah membuat operasi mantap praja yang dimulai sejak pendaftaran calon kepala daerah di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat. Operasi mantap praja ini dipimpin Kapolda dan Kapolres di wilayah masing-masing.
 
Mabes Polri, kata Boy, mendukung pengamanan termasuk personel jika dibutuhkan. Boy mengungkap tiga daerah yang diwaspadai dalam gelaran pilkada serentak tahun depan.
 
"Pertama Provinsi Aceh, kedua DKI Jakarta, dan ketiga Papua Barat," kata Boy di Rumah Sakit Polri RS Soekanto, Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (20/9/2016).
 
Boy tak mengetahui detail pelaksanaan pengamanan pilkada. Sebab, Mabes Polri telah menginstruksikan seluruh Kapolda untuk mengatur segala hal yang berhubungan dengan operasi pengamanan.
 
"Termasuk koordinasi, latihan pengamanan sudah berjalan, tinggal action ke depan, frekuensi makin padat terutama setelah ditetapkannya pasangan calon oleh KPU dan memasuki masa kampanye," jelas Boy.
 
Boy mengungkapkan, alasan menjadikan Aceh sebagai prioritas pengamanan pertama karena laporan dari intelijen. Intelijen melihat pelaksanaan pilkada cukup rawan gesekan antarkelompok masyarkat.
 
"Laporan intelijen perlu ditingkatkan pengamanan, isunya rawan konflik sosial, itu antara lain," kata Boy.


(FZN)

Dua Pasangan Penantang Ahok-Djarot

Dua Pasangan Penantang Ahok-Djarot

5 hours Ago

Dua pasangan yang akan menantang pasangan Ahok-Djarot akhirnya resmi diumumkan dan didaftarkan …

BERITA LAINNYA
Video /