Peserta Aksi 212 Diimbau Bawa Sajadah

Lukman Diah Sari    •    Selasa, 29 Nov 2016 14:46 WIB
unjuk rasa
Peserta Aksi 212 Diimbau Bawa Sajadah
Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar -- MI/Galih Pradipta

Metrotvnews.com, Jakarta: Rencana unjuk rasa 2 Desember berubah format menjadi kegiatan ibadah bersama. Peserta aksi diimbau membawa sajadah.

"Karena sajadah yang disiapkan panitia, seperti dari GNPF-MUI (Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia), Pemda, dan kepolisian, bisa saja tidak cukup apabila yang datang sampai 200 ribu," kata Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (29/11/2016).

Boy juga meminta peserta membawa bekal sendiri, seperti makanan kecil dan obat. Acara doa bakal digelar dari pukul 08.00 WIB sampai 13.00 WIB. Setelah pukul 13.00 WIB, peserta disarankan kembali pulang.

Pada 2 Desember, kepolisian akan menyiapkan beberapa perlengkapan, seperti panggung untuk tausiyah dan speaker. Disediakan pula pos kesehatan, toilet, dan tempat untuk wudhu.

(Baca: 150 Ribu Pedemo Diprediksi Padati Monas pada Aksi 2 Desember)

Bagi masyarakat yang kondisinya kurang sehat, lanjut Boy, lebih baik tidak memaksakan diri hadir di Monas. Selain itu, peserta aksi juga diingatkan agar tidak membawa senjata tajam dan bambu runcing.

"Jangan seperti kegiatan yang lalu, di mana sebagian masyarakat membawa tiang bendera yang ujungnya diruncingkan. Ini bahaya," tegas Boy.

Boy memastikan, polisi mengedepankan upaya persuasif untuk mengawal pergerakan massa. Polisi tidak akan dibekali senjata api.

"Pengamanan juga nanti dibantu para laskar. Mereka akan diberdayakan, karena kemungkinan ada pihak lain yang berusaha memanfaatkan aksi untuk tujuan tidak baik," bebernya.

Bagi warga yang berdomisili di luar Jakarta, diharap beribadah di wilayahnya masing-masing. "Diharapkan sudah dikoordinasikan dengan pemerintah daerah, polisi, TNI, dan majelis ulama setempat," pungkas Boy.

(Baca: Warga di Daerah Diimbau tak ke Jakarta Saat 2 Desember)

 


(NIN)

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

49 minutes Ago

Dia menegaskan hanya menyampaikan kinerjanya saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta defenit…

BERITA LAINNYA