Laporan Antasari & SBY Diserahkan ke Unit Tindak Pidana Umum

M Rodhi Aulia    •    Jumat, 17 Feb 2017 15:45 WIB
antasari azhar
Laporan Antasari & SBY Diserahkan ke Unit Tindak Pidana Umum
Kabag Penum Divhumas Polri Kombes Martinus Sitompul--Antara/Widodo S Jusuf

Metrotvnews.com, Jakarta: Laporan Antasari Azhar dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selesai diverifikasi. Dua laporan itu kini sudah di tangan unit tindak pidana umum.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul mengatakan, sebentar lagi dua laporan itu masuk tahap penyelidikan. Ke depan akan diketahui, apakah dua laporan itu masuk ranah pidana atau tidak.

"Kalau pidana diteruskan ke penyidikan," kata Martinus di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat 17 Februari 2017. "Akan dicari barang bukti dan siapa tersangkanya."

Sebaliknya, tambah dia, bisa saja laporan dihentikan kalau tidak ditemukan unsur pidanannya. Semua kini masih didalami dan dipelajari.

Baca: Polisi Tindaklanjuti Laporan SBY soal Antasari

Polri lebih hati-hati. Apalagi, apa yang dilaporkan Antasari kasusnya sudah inkracht. Bahkan sampai tahap peninjauan kembali (PK).

"Kalau tidak terkait, nanti keterangan-keterangan apa yang mendukung dari dugaan-dugaan ini. Jadi ini masih proses awal dalam penyelidikan. Kita tidak bisa memberikan satu kesimpulan dulu," pungkas dia.

Baca: Dua Hal Penting Bagi Antasari untuk Mengungkap Kasusnya

Sebelumnya, Antasari mengaku dikriminalisasi. Mantan Ketua KPK ini mengaku tidak pernah membunuh Direktur Putra Rajawali Banjaran, Nasrudin Zulkarnaen. SMS yang dijadikan bukti dalam persidangan dan telah membuat Antasari terkurung di penjara sekitar tujuh tahun lebih, tidak benar.

Antasari menyebut SBY terlibat dalam dugaan kriminalisasi perkara itu. SBY yang menjabat sebagai Ketua Umum Partai Demokrat melalui kuasa hukumnya membantah keterlibatan itu.

Kuasa hukum SBY pun melaporkan Antasari ke Bareskrim atas tuduhan fitnah dan pencemaran nama baik.


(YDH)

KPK Tegaskan Penuhi Aspek Hukum dan Medis dalam Penanganan Novanto

KPK Tegaskan Penuhi Aspek Hukum dan Medis dalam Penanganan Novanto

11 minutes Ago

KPK menegaskan sudah bertindak sesuai prosedur terhadap Setya Novanto. 

BERITA LAINNYA