Polda Metro Jaya Tetap Siaga Meski tak Ada Pemberitahuan Demo 25 November

Deny Irwanto    •    Jumat, 25 Nov 2016 00:03 WIB
demo massa
Polda Metro Jaya Tetap Siaga Meski tak Ada Pemberitahuan Demo 25 November
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono. (Foto: Antara/Reno Esnir).

Metrotvnews.com, Jakarta: Polda Metro Jaya tetap bersiaga meski tidak ada pemberitahuan terkait unjuk rasa yang berlangsung pada Jumat, 25 November.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono mengatakan, polisi sudah memiliki beberapa rencana jika besok tetap ada massa yang turun ke jalan.

"Dari sisi perencanaan pengamanan sudah dibuat, kemarin juga sudah lakukan tactical floor game, siapa berbuat apa. Terkait titik rencana demo yang infonya masuk ke intelijen, kantor DPR, sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, itu kita maping dan bagi tugas untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan pedemo turun ke jalan," kata Awi di Mapolda Metro Jaya, Kamis (24/10/2016).

(Baca: Antisipasi Unjuk Rasa, Ribuan Personel Brimob Disiagakan di DPR)

Awi menjelaskan, jika besok tetap ada massa yang turun ke jalan, maka pihak kepolisian akan melakukan tindakan persuasif simpatik atau dengan cara peneguran.

"Kita akan lakukan persuasif simpatik karena apapun kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum dijamin Undang-undang. Tidak ada ketentuan yang tegas terkait tidak dilayangkan pemberitahuan (demo) itu," jelas Awi.

(Baca: Polisi Belum Terima Pemberitahuan Aksi 25 November)

Meski demikian, Awi berharap kepada masyarakat agar terlebih dahulu memberikan pemberitahuan kepada pihak kepolisian jika ingin berunjuk rasa. Sebab, jika sudah ada pemberitahuan, polisi bisa melakukan pengamanan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak dinginkan.

"Karena di balik pemberitahuan ini, kepolisian melakukan pelayanan maksimal terkait mengamankan. Dengan harapan tidak ada hal yang tidak diinginkan. Kita konsolidasi dan duduk bersama dan kita kerja sama, jangan sampai demo ini ada disusupi orang tidak diinginkan," pungkas Awi.

 


(HUS)