Novanto Tersangka, Wapres Minta Proses Hukum Dihormati

M Rodhi Aulia    •    Selasa, 18 Jul 2017 10:47 WIB
korupsi e-ktp
Novanto Tersangka, Wapres Minta Proses Hukum Dihormati
Wapres Jusuf Kalla/MTVN/Dheri Agriesta

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta semua pihak menghormati proses hukum terkait penetapan tersangka pada Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto. Pemerintah mendukung segala kerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Yang pertama kita hormati proses hukum dan Golkar akan selalu taat akan proses itu," kata Kalla di sela kunjungannya di kawasan Cibubur, Jakarta Timur, Selasa 18 Juli 2017.

Kalla menilai setiap orang yang diduga bersalah memang pantas diberikan sanksi. Termasuk orang yang memiliki jabatan tinggi seperti Novanto yang juga Ketua DPR RI.

"Bahwa apa yang terjadi pada ketua umum itu hal yang biasa atas segala perbuatan yang tercela  pasti ada sanksinya. Jadi hanya konsekuensi saja ini," ujar dia.

(Baca juga: Novanto dalam Lingkaran Kasus KTP-el)

Kalla menegaskan pemerintah mendukung segala proses hukum. Termasuk kasus dugaan korupsi pengadaan KTP-el yang ditangani KPK.

"Maka pemerintah mendukung segala proses hukum," tandas dia.

Novanto ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Novanto  diduga bertujuan menguntungkan diri sendiri dan orang lain atau suatu korporasi, menyalahgunakan kewenangan, kesempatan, atau sarana yang ada padanya terhadap jabatannya. Sehingga diduga mengakibatkan kerugian negara hingga Rp2,3 triliun.

Novanto diduga melanggar Pasal 3 atau Pasal 2 ayat 1 Undang-Undang nomor 31 tahun 1999  sebagaimana diubah UU nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

 


(REN)

Yosef Sumartono Mengaku Tak Mengenal Setya Novanto

Yosef Sumartono Mengaku Tak Mengenal Setya Novanto

16 minutes Ago

KPK memeriksa Mantan Staf Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dal…

BERITA LAINNYA