Metro News

Ahok Dianjurkan Banding Jika Dinyatakan Bersalah

   •    Kamis, 20 Apr 2017 12:06 WIB
kasus hukum ahok
Ahok Dianjurkan Banding Jika Dinyatakan Bersalah
Terdakwa kasus penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama. (Foto: ANTARA/Resa Esnir)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pakar Hukum Pidana Jamin Ginting menyarankan agar terdakwa kasus penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengajukan banding jika kemudian divonis bersalah oleh majelis hakim.

Selain belum berkekuatan hukum tetap, upaya banding juga akan memudahkan masa transisi pemerintahan DKI yang akan dilepaskan Ahok kepada gubernur baru.

"Massa transisi antara pemerintahan yang baru itu kan 6 bulan dan kalau dalam Ahok tidak mau mengajukan banding artinya pasti akan diberhentikan," kata Jamin, dalam Breaking News, Kamis 20 April 2017.

Jamin mengatakan pemberhentian dari jabatan sebagai gubernur karena jadi terpidana tidak akan berpengaruh signifikan terhadap Ahok. Namun yang berpengaruh adalah pemerintahan DKI.

Pasalnya masa transisi yang akan dilewati ketika Ahok diberhentikan dari jabatan gubernur tidak akan berjalan mulus dan tidak elegan sebab ada kekosongan yang kemudian diisi oleh pelaksana tugas sementara yang tidak mengetahui seluk beluk pemerintahan.

"Bayangkan kalau Ahok itu menerima saja putusan pidana dan berhenti. Pak Anies sebagai gubernur baru akan kewalahan untuk bisa berkomunikasi dengan Plt karena Plt sendiri tidak tahu tugasnya," jelas Jamin.




(MEL)