Terduga Teroris di Sidoarjo Penampung Dana

Faisal Abdalla    •    Selasa, 15 May 2018 17:21 WIB
terorisme
Terduga Teroris di Sidoarjo Penampung Dana
Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto - Medcom.id/Faisal Abdalla.

Jakarta: Densus 88 Anti Teror Polri menembak mati Budi Satriyo terduga teroris di Sidoarjo, Jawa Timur. Budi diduga berperan sebagai penampung dana jaringan teroris. 

"BS ini perannya adalah sebagai penampung dana yang digunakan kelompok JAD (Jamaah Ansharud Daulah) Surabaya. JAD Surabaya ketuanya adalah Dita Oepriarto yang melakukan bom bunuh diri di Gereja Pantekosta, Surabaya," kata Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto, di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa, 15 Mei 2018. 

Setyo mengatakan hingga saat ini sudah ditangkap 13 orang terkait serangkaian aksi teror di Jawa Timur. Selain Budi, satu terduga teroris lainnya, Wicang, juga tewas ditembak aparat lantaran berusaha melawan ketika hendak ditangkap. 

"Wicang ini sempat dititipkan bom oleh Dita dan diserahkan kepada Tri Murtiono, pelaku bom bunuh diri di Polrestabes Surabaya. Diduga Wicang, Dita, dan Tri ini sudah siap melakukan bom bunuh diri," tambah dia. 

(Baca juga: Istri Terduga Teroris Pegawai Kanwil Kemenag Jatim)

Selain terlibat serangkaian aksi teror di Jawa Timur, Setyo mengatakan 13 terduga teroris tersebut juga diduga terlibat aksi kerusuhan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. 

Ledakan terjadi di tiga gereja di Surabaya, sekitar pukul 07.00 WIB, Minggu, 13 Mei 2018. Tiga gereja tersebut adalah, Gereja Santa Maria Tak Bercela di Jalan Ngagel Madya Surabaya, GKI di Jalan Diponegoro, serta satu gereja di Jalan Arjuno Surabaya.

Akibat ledakan tersebut, sebanyak 13 orang meninggal, dan 43 orang mengalami luka-luka. Kini mereka tengah dirawat di sejumlah rumah sakit seperti di RSUD Dr Soetomo, RS William Boath, dan RS Bedah Surabaya dan lainnya.

Senin 14 Mei 2018 sekitar pukul 08.50 WIB aksi teror kembali terjadi. Ledakan bom terjadi di pintu masuk atau tepat di pos polisi Polrestabes Surabaya. 

(Baca juga: Dua Terduga Teroris di Sidoarjo Ditembak)




(REN)