Empat Orang Terjaring OTT di Banjarmasin Tiba di KPK

Juven Martua Sitompul    •    Jumat, 15 Sep 2017 15:25 WIB
ott kpk
Empat Orang Terjaring OTT di Banjarmasin Tiba di KPK
Salah satu orang yang terjaring OTT di Banjarmasin/MTVN/Juven M. Sitompul

Metrotvnews.com, Jakarta: Empat orang yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, tiba di kantor Lembaga Antirasywah, Kuningan, Jakarta. Keempat orang itu diduga menyuap terkait pengesahan Raperda Prakarsa Kepala Daerah tentang Penambahan Penyertaan Modal Kota Banjarmasin.

Dua orang pertama yang lebih dulu tiba di KPK ialah Ketua DPRD Kota Banjarmasin Iwan Rusmali dan Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih berinisial M.

Tak lama berselang, dua orang yang diduga ikut terjaring dalam operasi senyap KPK menyusul rekannya. Kedua orang itu diduga sebagai pihak swasta.

Empat orang yang kompak mengunci mulut itu bakal menjalani pemeriksaan 1x24 jam. Pascapemeriksaan penyidik akan menetapkan status hukum mereka.

Tim Satgas KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Lima orang diamankan dalam operasi senyap tersebut. Satu orang yang sempat ditangkap akhirnya dilepas penyidik.

Dugaan sementara, Dirut PDAM bersama Ketua DPRD Iwan Rusmali dan tiga pihak swasta melakukan pemufakatan jahat terkait pengesahan Raperda Prakarsa Kepala Daerah tentang Penambahan Penyertaan Modal Kota Banjarmasin. Sejumlah uang diamankan tim Satgas dari kelima orang tersebut.


(OJE)