Mahasiswa Autis Dibully, Agus Hermanto: Harus Dibawa Ke Ranah Hukum

Anggi Tondi Martaon    •    Senin, 17 Jul 2017 11:54 WIB
berita dpr
Mahasiswa Autis Dibully, Agus Hermanto: Harus Dibawa Ke Ranah Hukum
Wakil Ketua DPR Agus Hermanto (Foto: Metrotvnews.com/Gervin Purba)

Metrotvnews.com, Jakarta: Baru-baru ini, media sosial dihebohkan oleh aksi bullying yang dialami oleh mahasiswa autis di Universitas Gunadarma. Aksi yang menjadi viral di dunia maya itu pun dikecam oleh seluruh pihak.

Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto menjadi salah satu pihak yang mengecam aksi perundungan yang dilakukan oleh sekelompok mahasiswa tersebut. Menurutnya, pihak kampus harus bertanggungjawab.

"Harus juga diurus secara tuntas siapa yang bersalah tentunya harus dibawa kepada ranah hukum karena apapun juga yang ada ini adalah perbuatan yang melanggar hukum, dan ini juga harus diusu tuntas" kata Agus di lobi Nusantara III Kompleks Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin 17 Juli 3017.

Tak hanya itu, Politikus Demokrat itu mendesak pihak kampus untuk mencari akar permasalahan bullying tersebut. Dengan begitu, kejadian kasus serupa tidak terjadi lagi dimasa akan datang.

"Sehingga ini adalah kejadian pertama dan terakhir dan ini adalah nerupakan suatu penyiksaan terhadap saudara kita terhadap anak-anak kita yang mengalami kekurangan yaitu autis.  Namun kita ketahui anaknya kan cukup cerdas sehingga ini harus juga betul-betul mendapatkan perlindungan yang baik. Sekali lagi perusahaan ataupun universitas harus betul-betul menyelesaikan permasalahan ini secara tuntas dan berkeadilan," tegas dia.

Selain itu, Agus menyampaikan kasus bullying juga harus menjadi pembelajaran untuk menyempurnakan regulasi untuk memenuhi seluruh kebutuhan kaum disabilitas. Sehingga, dapat diketahui apakah regulasi yang dibuat sudah memenuhi seluruh kebutuhan kaum berkebutuhan khusus atau masih perlu penyempurnaan.

"Kita lihat juga, menata juga apakah ada aturan yang belum lengkap itu juga harus kita lihat secara sempurna," tandas dia.


(ROS)