Praperadilan Novanto Diskors 30 Menit Sebelum Putusan

M Sholahadhin Azhar    •    Kamis, 14 Dec 2017 10:19 WIB
korupsi e-ktpsetya novantopraperadilan
Praperadilan Novanto Diskors 30 Menit Sebelum Putusan
Terdakwa kasus dugaan korupsi KTP elektronik Setya Novanto (tengah) saat akan mengikuti sidang perdana di gedung Pengadilan Tipikor Jakarta. Foto: MI/Ramdani.

Jakarta: Sidang gugatan praperadilan Ketua nonaktif DPR Setya Novanto memasuki tahap akhir. Hakim tunggal Kusno menskors sidang yang dimulai pukul 09.45 WIB itu.

"Setelah diskors putusan akan dibacakan," kata Kusno di Ruang Utama Prof H Oemar Seno Adji, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis, 14 Desember 2017.

Kusno menyebut waktu skors yang singkat ini karena simpulan sudah diterima dan putusan sudah hampir selesai. Sebelum diskors, Kusno sempat menagih simpulan dari kuasa hukum Novanto sebagai pemohon dan Tim Biro Hukum KPK sebagai termohon. 

Pada Rabu, 13 Desember 2017, kedua pihak sepakat memberikan simpulan kepada hakim. KPK menyerahkan simpulan dalam setumpuk berkas kepada panitera. 

Di sisi lain, pihak pemohon tak memenuhi janji. "Izin yang mulia, dari pemohon enggak mengajukan simpulan tertulis. Jadi, mohon putusan," kata anggota tim kuasa hukum Novanto, Ida Jaka Mulyana.

Pantauan Medcom.id, Kepala Biro Hukum KPK Setiadi tak menghadiri sidang putusan. Sementara itu, dari tim kuasa hukum Novanto, Ketut Mulya Arsana juga tidak hadir.


(OGI)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA