Saksi Mengakui jadi Perantara Penyerahan Uang Keponakan Novanto

Damar Iradat    •    Selasa, 07 Aug 2018 13:54 WIB
korupsi e-ktpsetya novanto
Saksi Mengakui jadi Perantara Penyerahan Uang Keponakan Novanto
Keponakan Novanto, Irvanto Hendra Pambudi Cahyo/MI/Rommy Pujianto

Jakarta: Pengusaha Muda Ikhsan Harahap mengakui menjadi perantara penyerahan uang untuk mantan Direktur Utama PT Murakabi Sejahtera Irvanto Hendra Pambudi. Ia mengatakan keponakan Setya Novanto itu meminjam rekeningnya untuk ditransferkan sejumlah uang.

Ikhsan yang dihadirkan sebagai saksi untuk terdakwa Irvanto Hendra Pambudi dan Made Oka Masagung itu mengatakan awalnya Irvanto meminta nomor rekeningnya yang berada di Singapura. Ia tidak mengetahui tujuan Irvanto.

"Katanya mau ada temannya mau transfer uang ke dia lewat rekening saya," kata Ikhsan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa, 7 Agustus 2018.

Saat mengecek rekening, ada uang SG$383.040. Irvanto juga memintanya untuk mengambil uang tersebut ke Singapura.

Ia juga mengaku sempat diminta menjadi perantara uang dalam beberapa transaksi. Di antaranya dikirim almarhum Johannes Marliem, pemilik Biomorf Lone dan Made Oka Masagung.

Ikhsan mengatakan Irvanto beberapa kali memberinya imbalan uang atas bantuan tersebut. Namun, ia sama sekali tak pernah meminta.

"Enggak ada minta. Kadang dia kasih SG$1.000 untuk menggganti ongkos pesawat dan suruh ambil uang taksi Rp17,5 juta," ujar dia.

Ikhsan mengatakan telah mengembalikan uang tersebut kepada penyidik KPK. "Saya kembalikan ke KPK sekitar SG$1.700," tegas dia.


(OJE)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA