Jabatan Firli Tak Hambat Pengusutan Keterlibatan Boediono

Juven Martua Sitompul    •    Kamis, 19 Apr 2018 03:49 WIB
bank centurykasus century
Jabatan Firli Tak Hambat Pengusutan Keterlibatan Boediono
Mantan Wapres RI Boediono. (Foto: MI/Rommy Pujianto).

Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan jabatan Brigjen Firli sebagai Deputi Penindakan tak akan menghambat pihaknya untuk menjerat mantan Wapres RI Boediono dalam kasus dugaan korupsi Bank Century. Firli merupakan mantan ajudan Boediono saat menjabat sebagai Wapres pada periode 2009-2012.

"Saya kira secara kelembagaan KPK akan profesional untuk menangani kasus ini," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta, Rabu, 18 April 2018.

Febri mengaku telah bertemu Firli untuk mengonfirmasi langsung terkait kekhawatiran adanya konflik kepentingan dalam penanganan kasus Bank Century. Terlebih, nama Boediono diseret dalam penanganan kasus tersebut.

Baca juga: Misbakhun Tantang KPK Tuntaskan Kasus Century

Kepada Febri, mantan Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) itu mengklaim belum menjadi ajudan Boediono saat kasus itu bergulir. Sehingga, tidak ada hubungan penugasan Firli sebagai ajudan Boediono dengan kasus tersebut.

"Ditegaskan pertama (oleh Deputi Penindakan KPK) peristiwa Bank Century terjadi sebelum Boediono menjadi Wapres. Artinya tidak ada hubungan dengan penugasan saat itu," ujar dia.

Di sisi lain, Febri menuturkan KPK memiliki mekanisme berlapis dalam menangani sebuah perkara. Apalagi, lanjut dia, pimpinan dilibatkan saat menggelar ekspos.

"Ditegaskan oleh Deputi Bidang Penindakan bahwa yang akan dilakukan hanya sepanjang sesuai dengan pembuktian di proses hukum saja dan mekanisme itu sedang berjalan di kami. Kalau memang ada kami harus sampaikan ada, kalau memang tidak harus disampaikan apa adanya," pungkas Febri.




(HUS)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA