Mentalitas Dinilai Penyebab Terjadinya Pungli

Achmad Zulfikar Fazli    •    Sabtu, 15 Oct 2016 13:56 WIB
pungli
Mentalitas Dinilai Penyebab Terjadinya Pungli
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar. Foto: Ilham Wibowo/Metrotvnews.com.

Metrotvnews.com, Jakarta: Buruknya mentalitas penyelenggara negara dinilai sebagai penyebab maraknya pungutan liar (Pungli) di institusi kepolisian dan institusi lain. Revolusi mental dibutuhkan untuk mengakhiri praktik pungli.
 
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar mengatakan, penyelenggara negara harus memahami tugas dan tanggung jawabnya untuk menghilangkan pungli.
 
"Kalau tidak dibenahi akan timbul peluang (praktik pungli)," kata Boy dalam diskusi dengan topik 'Pungli, Retorika dan Realitas' di Warung Daun, Jakarta Pusat, Sabtu (15/10/2016).
 
Boy menjelaskan, praktik pungli muncul karena adanya keinginan penyelenggara negara memiliki penghasilan yang lebih. Kemudian, mereka memanfaatkan jabatannya yang dianggap strategis.
 
"Dia (penyelenggara negara) paham posisinya dibutuhkan masyarakat," katanya



 
Selain itu, masyarakat juga dinilai berperan dalam timbulnya pungli. Sebab, kata Boy, masih ada masyarakat yang tidak mengindahkan prosedur pelayanan yang sejatinya harus dilewati. Masyarakat ingin pelayanan yang cepat, sehingga memanfaatkan wewenangan penyelenggara negara.
 
"Makanya pungli dianggap sebagai hal yang lumrah," kata Boy.
 
Menurut Boy, perbaikan mental perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan pungli ini. "Ini berkaitan dengan program revolusi mental yang digaungkan Presiden Joko Widodo," kata dia. 
 


(FZN)

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

14 hours Ago

Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono mendapatkan sumbangan dari warga saat berkampanye di …

BERITA LAINNYA