Legislator Kebumen Jadi Tersangka Suap

Yogi Bayu Aji    •    Minggu, 16 Oct 2016 12:48 WIB
ott kpk
Legislator Kebumen  Jadi Tersangka Suap
Komisioner KPK Basaria Panjaitan dan Laode M Syarif dalam konferensi pers soal OTT terhadap anggota DPRD dan PNS Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kebumen, Minggu 16 Oktober/MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Kebumen Yudhi Tri H. dan Pegawai Negeri Sipil Dinas Pariwisata Pemerintah Kabupaten Kebumen Sigit Widodo jadi tersangka baru Komisi Pemberantasan Koruspsi. Status ini diberikan setelah keduanya ditangkap KPK, Sabtu 15 Oktober.

"Setelah pemeriksaan 24 jam dan gelar perkara diputuskan meningkatkan status penetapan dua tersangka terhadap saudara SGW sebagai PNS di Dinas Pariwisata, kemudian YTH," kata Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan dalam konferensi pers di KPK, Jalan HR Rasuna Said, Setiabudi, Jakarta Selatan, Minggu (16/10/2016).

Baca: KPK OTT Anggota DPRD Kebumen

Keduanya diduga menerima suap terkait ijon proyek di Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen. Pada APBD Perubahan, Dinas Pendidikan akan mendapatkan dana Rp4,8 miliar yang digunakan untuk pengadaan buku dan alat peraga.

Namun, ada kesepakatan anatara tersangka dan pengusaha dari Jakarta untuk mendapatkan proyek di Dinas Pendidikan. Tersangka dijanjikan fee 20 persen dari Rp4,8 miliar bila proyek teralisasi.

"Kemudian kesepakatan diterima Rp750 juta," jelas Basaria.

Dalam OTT, KPK mengamankan Rp70 juta dari tangan dua tersangka sebagai bagian dari fee.

Kedua tersangka kena jerat hukum. Mereka disangka melanggar PAsal 12 huruf a dan b Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaiamana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.


(OJE)

Janji Djarot Buat Warga Kalimati Jakarta Barat

Janji Djarot Buat Warga Kalimati Jakarta Barat

12 hours Ago

Djarotberjanji akan memperbesar puskesmas dan membangun infrastruktur yang dibutuhkan warga.

BERITA LAINNYA