Hasil Pemeriksaan, Ratna Dinyatakan Sehat

Siti Yona Hukmana    •    Kamis, 08 Nov 2018 11:33 WIB
Kabar Ratna Dianiaya
Hasil Pemeriksaan, Ratna Dinyatakan Sehat
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono--Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

Jakarta: Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bid Dokkes) Polda Metro Jaya telah mengecek kesehatan tersangka Ratna Sarumpaet. Hasilnya, seniman itu dinyatakan sehat.

"(Pemeriksaan dokter) dia normal," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Jakarta Selatan, Kamis, 8 November 2018.

Sebelumnya, anak Ratna, Atiqah Hasiholan mengatakan Ibunya mengalami gangguan mental dalam satu tahun ini. Kondisi akan memburuk jika tetap berada di dalam sel.

Argo menegaskan, Polda Metro akan mengatasi permasalahan itu. "Kalau ada keluhan, semua tahanan pun dokter akan memeriksa. Seandainya peralatan kurang pun bisa kita rujuk ke RS Polri Kramat Jati," tandas dia.

Maka tidak ada alasan untuk pengajuan tahanan kota. Penyidik pun menolak permohonan tahanan kota yang diajukan keluarga Ratna tidak dikabulkan. "Jadi, masih dilakukan penahanan. Alasannya (tahanan kota ditolak) karena subyektifitas penyidik," aku Argo.

Baca: Berkas Perkara Ratna Dilimpahkan Hari Ini

Selain itu, meski dua anak perempuan Ratna yakni Atiqah Hasiholan dan Fathom Saulina menjamin agar tidak melarikan diri, polisi tetap tidak mengabulkan permohonan itu.
"Ya intinya penyidik menyampaikan belum mengabulkan. Tidak dikabulkan," tegas Argo.

Ratna menjadi tersangka setelah menyebarkan informasi bohong dengan mengaku dianiaya sejumlah orang di Bandung, Jawa Barat, pada Selasa, 21 September 2018. Namun, polisi menemukan pada tanggal itu, Ratna sedang dirawat usai operasi plastik di Jakarta.

Atas kebohongannya, ia dikenai Pasal 14 Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Pasal 28 juncto Pasal 45 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Ia terancam hukuman 10 tahun penjara.


(YDH)