Ahli Sebut tak Ada Intimidasi Penyidik Pada Miryam

M Sholahadhin Azhar    •    Kamis, 18 May 2017 13:54 WIB
korupsi e-ktpsidang praperadilan
Ahli Sebut tak Ada Intimidasi Penyidik Pada Miryam
Suasana sidang praperadilan Miryam S. Haryani di PN Jakarta Selatan--M Sholahadhin Azhar

Metrotvnews.com, Jakarta: Tim Kuasa Hukum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghadirkan ahli psikologis klinis, Antonia Ratih Andjayani. Ratih menyebut tak ada intimidasi penyidik KPK saat memeriksa Miryam S. Haryani.

"Tak ada indikasi intimidasi terhadap Miryam," ujar Ratih saat sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis 18 Mei 2017.

Pernyataan ini didasari pemeriksaan rekaman audio visual saat penyidik KPK meminta keterangan Miryam. Video-video itu tertanggal 1 Desember 2016, 7 Desember 2016, 14 Desember 2016 dan 24 Januari 2017.

Baca: Hari Ini, KPK Jawab Gugatan Miryam

Ratih tak ingat jumlah persis dari rekaman karena berbentuk cuplikan. Ada yang berdurasi dua jam dan yang paling lama yakni pemeriksaan keempat selama tiga jam 50 menit. Semua rekaman dipelajari Ratih dan tim berdasarkan ilmu psiokologis yang menjadi keahliannya.

Dalam pengamatan melalui video itu, Miryam tampak tenang dan rileks. Bahkan aktif berbicara dengan lantang serta cepat. "Tidak tampak indikasi terancam saat proses (pemeriksaan) berlangsung," ucap Ratih.

Dalam pemeriksaan, ia menyebut penyidik menjalankan fungsinya untuk bertanya dan menggali informasi. Miryam menurutnya merespon pertanyaan penyidik dengan baik. "Bahasa Indonesia tepat, cara penyampaiannya formal dan luwes," imbuh Ratih.

Adapun pemohon, yakni Kuasa Hukum Miryam mempertanyakan obyektifitas metode pemeriksaan melalui video. Karena tidak ada interaksi langsung sehingga diragukan.

Ratih membantah, jika dinilai tak obyektif, karena melalui pemeriksaan itu obyek berlaku sangat natural, tanpa pengaruh dari pemeriksaan psikologis.

"Itu sebabnya kenapa saya melakukan pemeriksaan video, dengan demikian obyektifitas dari penilaian saya dapat dipertanggungjawabkan," terang Ratih.


(YDH)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA