BNN Musnahkan 60 Kg Sabu

Riyan Ferdianto    •    Selasa, 22 Aug 2017 13:18 WIB
sabu
BNN Musnahkan 60 Kg Sabu
Ilustrasi

Metrotvnews.com Jakarta: Badan Narkotika Nasional (BNN) memusnahkan 60,026 kilogram sabu, 24,956 kg daun kath, dan 144 butir pil ekstasi. Semua barang memabukkan itu hasil sitaan sepanjang Juli dan Agustus 2017.

"Barang bukti tujuh kasus," kata Komjen Budi Waseso di kantor BNN, Jakarta Timur, Selasa 22 Agustus 2017

Budi menjelaskan, kasus pertama adalah pengungkapan di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang. BNN meringkus tiga pelaku dengan barang bukti sabu sebanyak dua kilogram.

"Pelaku menyembunyikan barang bukti dalam sepatu. Barang haram tersebut rencananya dibawa ke Lombok," ujar Budi. 

Kedua, BNN menyita barang bukti sabu seberat 508 gram, dari dua tersangka di Bali. Kasus ketiga BNN bekerja sama dengan Bea Cukai mengamankan paket berisi daun kath seberat hampir 25 kg.

"Paket berisi daun kath ini ditemukan di kantor Pos dan tidak ditemukan alamat penerimanya, biasanya alamat yang diberikan itu palsu," kata Budi. 

(Baca juga: Budi Waseso: Kita Banyak Kecolongan)

Selanjutnya kasus keempat, pengungkapan barang narkotika jenis sabu seberat 45 kilogram di Deliserdang, Sumatera. Kasus ini juga melibatkan satu anggota polisi.

"Tersangkanya ada sekitar tujuh orang, salah satunya adalah polisi," tutur Budi. 

Kasus kelima BNN menyita 10 kilogram sabu dari Riau, dengan modus memasukan barang bukti di sebuah mesin cuci dengan satu tersangka. Kasus ke enam, BNN bersama Beacukai mengamankan paket berisi 149 pil ekstasi dan empat gram heroin.

"Yang terakhir, hampir satu setengah kilo sabu, di Kalimantan Timur. Ada empat tersangka, barang bukti dibawa menggunakan mobil menuju Samarinda," imbuh Budi

Budi juga memastikan semua barang bukti yang akan dimusnakan akan melalui proses timbang sehingga tidak ada keraguan barang bukti berkurang atau ditukar.

"Untuk kesekian kalinya semua barang bukti akan ditimbang terlebih dahulu dan saat pemusnahan barang bukti semua pelaku menyaksikan pemusnahan tersebut," pungkas dia. 





(REN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA