Bekas Pejabat Pajak Hadapi Sidang Vonis

Damar Iradat    •    Selasa, 18 Jul 2017 10:01 WIB
ott pejabat ditjen pajak
Bekas Pejabat Pajak Hadapi Sidang Vonis
Kasubdit Bukti Permulaan Direktorat Penegakan Hukum Ditjen Pajak Handang Soekarno -- MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan pejabat Ditjen Pajak Handang Soekarno bakal menghadapi sidang putusan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Selasa, 18 Juli 2017. Dia terjerat kasus suap pejabat pajak oleh PT EK Prima Ekspor Indonesia.

"Besok (hari ini, Selasa, 18 Juli 2017) diagendakan sidang putusan untuk terdakwa Handang," kata Kepala Humas Pengadilan Tipikor Jakarta Yohannes Priyana saat dikonfirmasi, Senin, 17 Juli 2017.

Handang dituntut 15 tahun penjara. Dia dinilai terbukti melakukan tindak pidana korupsi. Selain itu, dia juga dituntut membayar denda sebesar Rp750 juta subsider enam bulan kurungan. 

Dalam pembacaan pleidoinya, Senin, 10 Juli 2017, Handang mengklaim bukan pelaku utama dalam kasus suap pajak ini. Menurut dia, pihak yang berinisiatif menemuinya dan menyelesaikan permasalahan pajak yakni Country Director PT EK Prima, Ramapanicker Rajamohanan Nair.

"Berdasarkan fakta persidangan, saya bukan inisiator yang berusaha menemui pihak PT EKP atau mengurus masalah pajak PT EKP," kata Handang saat membacakan pleidoi.

Dia menjelaskan, Rajamohanan telah bertemu dengan pihak-pihak lain dari internal maupun eksternal Ditjen Pajak sebelum bertemu dengannya. Namun begitu, Handang mengaku bersalah dan menyesali perbuatannya, lantaran telah menerima sejumlah uang dari Rajamohanan.

Soal tuntutan 15 tahun penjara dari jaksa penuntut umum, ia menilai tuntutan itu terlalu berat. Handang kaget dan tak membayangkan sama sekali bila dirinya akan dituntut cukup tinggi.

Handang memohon majelis hakim agar dapat menjalani hukuman di lembaga permasyarakatan klas IA Semarang, jawa Tengah. Hal ini agar dia bisa lebih dekat dengan anaknya yang masih tinggal di Semarang.


(OGI)

Yosef Sumartono Mengaku Tak Mengenal Setya Novanto

Yosef Sumartono Mengaku Tak Mengenal Setya Novanto

14 minutes Ago

KPK memeriksa Mantan Staf Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dal…

BERITA LAINNYA