KPK Jadwal Ulang Pemeriksaan Anak Buah Tito

Juven Martua Sitompul    •    Selasa, 17 Apr 2018 19:35 WIB
suap bupati kebumen
KPK Jadwal Ulang Pemeriksaan Anak Buah Tito
Juru Bicara KPK Febri Diansyah. (Foto: MI/Rommy Pujianto).

Jakarta: Mantan Kapolres Kebumen AKBP Alpen tak memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Alpen sedianya diperiksa sebagai saksi untuk kasus dugaan suap proyek di Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kebumen yang menjerat Anggota Komisi A DPRD Kebumen, Diah Lestari (DL).

"Tadi penyidik mendapat informasi bahwa saksi Alpen belum dapat menghadiri pemeriksaan karena ada penugasan lain," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta, Selasa, 17 April 2018.

Febri menyebut penyidik telah menjadwalkan ulang pemeriksaan terhadap Alpen. Rencananya, anak buah Kapolri Jenderal Tito Karnavian itu akan diperiksa pada Senin, 23 April 2018.

Nama Alpen muncul dalam sidang dengan terdakwa Sekretaris Daerah nonaktif, Adi Pandoyo, yang digelar di Pengadilan Tipikor Semarang. Anak buah Jenderal Tito Karnavian itu disebut menerima kucuran dana Rp700 juta dari mantan Ketua DPD PAN Kabupaten Kebumen Barli Halim.

(Baca juga: Bupati Kebumen Disebut Terima Suap dari Tiap Proyek)

Saat bersaksi dalam sidang, Barli Halim menyebut uang yang diberikannya kepada Alpen berasal dari pengusaha bernama Khayub M Lutfi yang juga telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. 

Barli menggelontorkan uang sebanyak Rp1 miliar. Sejumlah Rp700 juta untuk Alpen sedangkan Rp300 juta sisanya untuk kepentingan pribadi Barli Halim.

Menurut Barli Halim, pemberian seperti itu sudah biasa dan dikenal dengan istilah bina lingkungan yang diperoleh dari urunan para rekanan atau pengusaha di Kebumen dalam rangka menjaga kondusifitas. Uang bina lingkungkan dan pengumpulan fee proyek ini selalu dilaporkan kepada Bupati.

Usai menjabat sebagai Kapolres Kebumen, Alpen dimutasi sebagai Kasubaglap Bagvisilap Rowassidik Bareskrim Polri.
 


(REN)