Novanto Sebut Oka dan Puan Keluarga Dekat

Damar Iradat    •    Kamis, 22 Mar 2018 15:00 WIB
korupsi e-ktpsetya novanto
Novanto Sebut Oka dan Puan Keluarga Dekat
Terdakwa kasus korupsi KETP-el Setya Novanto - MI/Ramdani.

Jakarta: Terdakwa kasus dugaan korupsi pengadaan proyek KTP berbasis elektronik (KTP-el) Setya Novanto mengaku tidak tahu alasan Made Oka Masagung memberikan uang untuk Puan Maharani dan Pramono Anung. Yang dia tahu, Made dan Puan keluarga dekat.

Hal ini terkuak ketika hakim menanyakan Novanto terkait peran Puan dan Pramono dalam proyek KTP-el. Keduanya disebut-sebut menerima US$500 ribu, setara Rp6,868 miliar dengan kurs hari ini, Rp13.737 per dollar AS. 

"Tadi Anda sebutkan ada nama Pramono dan Puan. Apakah ada peran Pramono dan Puan untuk perlancar proyek KTP-el?" tanya jaksa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis, 22 Maret 2018.

Novanto mengaku tak mengetahui soal peran dua politikus PDI Perjuangan itu dalam proyek senilai Rp5,8 triliun tersebut. Jaksa kemudian kembali bertanya mengapa Made Oka sempat mengungkit nama Puan yang juga cucu Sokarno dan Pram kepada Novanto. 

(Baca juga: Novanto Bantah Terima Duit KTP-el)

"Menurut saya, karena keluarga Soekarno dengan keluarga Oka sudah dekat lama itu, dekat sekali," tutur dia. 

Soal penerimaan uang itu, Novanto mengaku sempat mengonfirmasi langsung ke Pram. Konfirmasi itu dilakukan Novanto setelah kasus korupsi KTP-el muncul ke permukaan. 

Ia menyebut, keduanya bertemu dalam sebuah acara seorang pejabat negara beberapa bulan lalu di Solo, Jawa Tengah. Saat itu, Novanto kemudian mempertanyakan soal penerimaan uang itu ke Sekretaris Kabinet tersebut. 




(REN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA