Dana Hibah Kadin Jatim Pernah Dipinjam untuk Keperluan Klub Persebaya

Renatha Swasty    •    Kamis, 20 Oct 2016 01:04 WIB
kasus la nyalla mattalitti
Dana Hibah Kadin Jatim Pernah Dipinjam untuk Keperluan Klub Persebaya
Terdakwa kasus suap dana hibah yang merupakan mantan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur La Nyalla Mahmud Mattalitti menyimak keterangan saksi saat sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (19/10). Foto: ANTARA FOTO/Widodo

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua Umum Bidang Akselerasi Perdagangan Antar Pulau Kamar Dagang dan Industri Jatim Diar Kusuma Putra mengaku sempat meminjam dana hibah Kadin Jatim 2011 untuk keperluan klub sepakbola Persebaya. Peminjaman diketahui Ketua Kadin Jatim saat itu, La Nyalla Mattalitti.

Diar mengaku, Persebaya saat itu butuh uang. Diar yang juga Direktur Utama PT Mitra Muda Inti Berlian, pemilik Persebaya, lantas meminjam uang Kadin.

"Ketika Persebaya ada keperluan dana, saya pinjam, satu dua bulan saya kembalikan," beber Diar saat bersaksi buat terdakwa La Nyalla di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (19/10/2016).

Saat itu, Diar meminjam duit Rp3,5 miliar. Adapun peminjaman duit untuk membayar gaji pemain dan keperluan pertandingan.

Diar mengaku, peminjaman uang tidak dicatat dalam catatan khusus, hanya catatan kecil. Sebab, sudah biasa apabila Kadin butuh dana pinjam dari dana hibah dan tidak ada SOP untuk pencatatan.

Terkait peminjaman itu, Diar mengaku melapor kepada La Nyalla. "Karena saya akan pinjam dana dan La Nyalla sebagai ketua Kadin jadi saya lapor," lanjut Diar.

La Nyalla usai mendengarkan kesaksiam Diar membantah pernah menyetujui peminjaman itu. La Nyalla mengatakan, saat Diar melapor akan meminjam, mantan Ketua PSSI itu hanya diam.

"Tidak jawab bukan berarti menyetujui," kelit La Nyalla.


(DEN)