Besok, Ketua KPK Bakal Dampingi Novel Jalani Pemeriksaan

Antara    •    Minggu, 13 Aug 2017 17:19 WIB
novel baswedan
Besok, Ketua KPK Bakal Dampingi Novel Jalani Pemeriksaan
Novel Baswedan--Antara/Akbar Nugroho Gumay

Metrotvnews.com, Jakarta: Polisi bakal memeriksa Penyidik KPK Novel Baswedan, Senin 14 Agustus 2017. Ketua KPK Agus Rahardjo akan mendampingi Novel saat menjalani pemeriksaan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura.

"Rencananya Ketua KPK akan ikut mendampingi," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Minggu 13 Agustus 2017.

Novel Baswedan disiram air keras di dekat rumahnya pada 11 April 2017 seusai salat Subuh di masjid Al-Ihsan. Mata Novel pun mengalami kerusakan. Novel harus menjalani perawatan di Singapore National Eye Centre (SNEC) sejak 12 April 2017.

Baca: KPK: Novel Siap Diperiksa Polisi

Rencananya Kamis, 17 Agustus 2017 Novel akan menjalani operasi besar di mata kirinya. KPK dan keluarga juga berharap doa dari seluruh pihak agar operasi dan segala perawatan berhasil. "Para penegak hukum diharapkan diberikan kekuatan untuk mengungkap kasus ini," ucap Febri.

Baca: TGPF Kasus Novel Baswedan Jangan Dimaknai 'Menampar' Polisi

Harapan lain adalah agar pemberantasan korupsi, termasuk penanganan kasus KTP-e yang pernah ditangani Novel semakin maju. Aktor-aktor utama yang merugikan negera hingga triliunan rupiah bisa diseret ke pengadilan.

Hingga lebih dari 100 hari pelaku penyeranan Novel Baswedan belum ditemukan. Meski kepolisian sudah memeriksa banyak saksi, membuat sketsa terduga pelaku.

Sketsa pelaku yang ditunjukkan Kapolri seusai bertemu dengan Presiden Joko Widodo pada Senin 31 Juli 2017 menunjukkan pelaku adalah pria. Ciri-cirinya memiliki tingginya sekitar 167-170 cm, berkulit agak hitam, rambut keriting dan badan cukup ramping.


(YDH)