Ratu Atut Divonis 5,5 Tahun Penjara

Damar Iradat    •    Kamis, 20 Jul 2017 18:26 WIB
korupsi alat kesehatan
Ratu Atut Divonis 5,5 Tahun Penjara
Mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah. Foto: MI/Susanto.

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah divonis 5 tahun 6 bulan penjara dan denda Rp250 juta subsider 3 bulan kurungan. Atut dinilai bersalah dalam kasus dugaan korupsi proyek pengadaan alat kesehatan pada rumah sakit rujukan Dinas Kesehatan Provinsi Banten.

"Menyatakan Terdakwa Ratu Atut Chosiyah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan berlanjut," ujar Ketua Majelis Hakim Masud di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Jalan Bungur Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis 20 Juli 2017.

Dalam menjatuhkan vonis untuk Atut, majelis hakim mempertimbangkan berbagai hal. Hal yang memberatkan, perbuatan Atut tidak mendukung pemerintah dalam memberantas korupsi.

Baca: Atut Menangis Memohon Keadilan

Sementara itu, hal yang meringankan yakni, Atut bersikap sopan selama persidangan, mau mengakui perbuatan dan telah mengembalikan uang Rp3,8 miliar. Atut pun menerima putusan hakim.

"Saya menerima putusan vonis yang disampaikan Yang Mulia," kata dia.

Baca: Sindrom Pengumpul Uang Haram

Putusan hakim terhitung lebih ringan dari tuntutan jaksa. Sebelumnya, jaksa menuntut Atut agar dihukum delapan tahun pejara dan denda Rp250 juta subsider enam bulan kurungan.
 


(OGI)

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

3 hours Ago

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) berpendapat hilangnya sejumlah nama politisi yang seb…

BERITA LAINNYA