WNI Ditangkap Otoritas Malaysia Terkait ISIS

Damar Iradat    •    Selasa, 07 Mar 2017 17:20 WIB
wni gabung isis
WNI Ditangkap Otoritas Malaysia Terkait ISIS
Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Martinus Sitompul. Foto: Antara/Hafidz Mubarak

Metrotvnews.com, Jakarta: Seorang warga negara Indonesia (WNI) ditangkap kepolisian Malaysia pada 21 Februari 2017. Pria itu ditangkap lantaran diduga bakal bergabung dengan The Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di Suriah.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan, pria yang ditangkap bernama Anwar, 27, asal Pandeglang, Banten. Anwar ditangkap sehari sebelum ia berangkat ke Suriah.

"Dia akan menuju Turki, selanjutnya ke Suriah. Berangkat 22 Februari, keburu ditangkap 21 Februari," kata Martinus di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa, 7 Maret 2017.

Martinus menjelaskan, otoritas Malaysia menahan Anwar karena yang bersangkutan diduga berkumpul dengan kelompok ISIS. Saat ini, Kedutaan Besar Indonesia sudah mendampingi Anwar menjalani proses hukum.

Anwar diduga berminat berangkat ke Suriah setelah ditawari seseorang melalui akun media sosial Facebook. Niatan awal, jelas Martinus, Anwar berangkat ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS.

Martinus menjelaskan, sebelumnya Anwar sempat tinggal di Turki selama kurang lebih lima bulan pada 2016. Namun, ia kembali lagi ke Indonesia.

Dari informasi yang dihimpun Polri, setelah tinggal di Indonesia, Anwar sempat dibiayai seseorang yang diduga bagian dari ISIS untuk pergi ke Malaysia. Anwar dikirimi uang sejumlah Rp3 juta dan diiming-imingi fasilitas tempat tinggal setibanya di Suriah.

"Dia dikirimi uang untuk bisa berangkat ke Turki. Dia dijanjikan mendapat fasilitas seperti tempat tinggal. Kalau ke Malaysia-nya, dia dikirimi yang dari Malaysia ke Indonesia," kata Martinus.


(MBM)