Polisi Ringkus Dua Terduga Teroris Jaringan Rio Priatna Wibowo

   •    Minggu, 27 Nov 2016 12:29 WIB
teroris
Polisi Ringkus Dua Terduga Teroris Jaringan Rio Priatna Wibowo
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Jakarta: Terduga teroris bernama Saiful Bahri alias Abu Syifa diringkus Tim Densus 88 Antiteror. Tersangka masih terkait dengan jaringan Rio Priatna Wibowo, sel Jemaaah Ansharut Daulah (JAD) yang berbaiat kepada Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS).

"Saiful Bahri diringkus hari ini pukul 10.00 WIB di Desa Baros, Serang, Banten," kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Boy Rafli Amar, Minggu (27/11/2016).

Boy menjelaskan, peran Saiful adalah turut serta membantu Rio membuat laboratorium bahan peledak high explosive untuk amaliyah. Ia juga ikut merencanakan pengeboman di gedung DPR, Mabes Polri, Kedutaan Myanmar, dan dua stasiun televisi berita.

Sebelumnya, Densus 88 juga meringkus terduga teroris lainnya bernama Bahrain Agam. Ia ditangkap di Desa Blang Tarakan, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, pada Sabtu (26/11/2016).

"Bahrain juga termasuk jaringan Rio Priatna Wibowo," ujar Boy.

Menurut Boy, peranan Bahrain adalah menyumbangkan uang Rp7 juta untuk pembuatan bom. Ia juga yang memberikan ide untuk membuat bom dan ikut membeli bahan peledak.

Saat ini, Polri masih mendalami peran kedua terduga teroris ini dan rencana aksi mereka. "Kedua tersangka tersebut masih dalam pemeriksaan secara intensif," tutur Boy.


(NIN)