Bamsoet Sebut KPK Sudah Laksanakan Rekomendasi Pansus

Ilham wibowo    •    Senin, 12 Mar 2018 11:25 WIB
angket kpk
Bamsoet Sebut KPK Sudah Laksanakan Rekomendasi Pansus
Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) di Gedung KPK - Medcom.id/Ilham Wibowo.

Jakarta: Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengklaim rekomendasi yang diberikan panitia khusus hak angket DPR untuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah dilaksanakan. Pelaksanaannya dinilai telah membuahkan hasil untuk penguatan lembaga KPK.  

"Sudah dilaksanakan, di antaranya lelang lebih cepat barang-barang sitaan, kalau lama-lama akan tergerus nilai materilnya," kata Bambang di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin, 12 Maret 2018. 

Bamsoet mengatakan legislator punya tanggung jawab yang sama bersama KPK dalam upaya pemberantasan korupsi di Tanah Air. Dia bilang penguatan yang telah dilakukan bakal berimplikasi baik bagi lembaga KPK. 

(Baca juga: Rekomendasi Pansus Angket yang Wajib Ditindaklanjuti KPK)

"Kami sudah melihat banyak kemajuan dari KPK dan ini harus dipertahankan dan ditingkatkan," ujar politikus Golkar ini. 

Bamsoet menegaskan DPR membuka diri kepada KPK untuk memberikan masukan. Menurutnya, titik lemah yang masih dialami KPK mesti ditutup agar tak dimanfaatkan pelaku korupsi. 

"Karena tanggung jawab bersama, maka kita harus sama-sama menjaga suasana tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab antara KPK dan DPR," tandas dia. 

Bamsoet hari ini memenuhi undangan KPK dalam rangka pelaporan keuangan lembaga DPR. Selain itu, ia bersama Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko serta Kabareskrim Polri Komjen Ari Dono bakal berdiskusi bersama pimpinan KPK.  

(Baca juga: DPR Bisa Panggil Paksa, KPK: Berjalan Saja Sesuai Fungsi Masing-masing)





(REN)