MK Segera Putuskan Gugatan Uji Materi Ahok

Faisal Abdalla    •    Jumat, 14 Jul 2017 18:53 WIB
uji materi uu
MK Segera Putuskan Gugatan Uji Materi Ahok
Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Foto: MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Jakarta: Proses gugatan uji materi (judicial review) UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah yang diajukan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ke Mahkamah Konstitusi (MK) memasuki tahap simpulan. MK mengatakan akan segera menggelar sidang putusan terkait gugatan soal cuti petahana yang terdapat pada Pasal 70 ayat (3).

"Mohon doa restu saja agar Juli atau Agustus sudah bisa digelar sidang putusannya," ujar Ketua MK Arief Hidayat di gedung MK, Jumat 14 Juli 2017.

Pada Agustus 2016 Ahok mengajukan gugatan uji materi terhadap Pasal 70 ayat (3) UU Pilkada. Ia berpendapat cuti petahana melanggar Pasal 27 ayat 1 UUD 1945. Bunyi Pasal 27 antara lain: Segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.

Di Pasal 70 Ayat (3) UU Pilkada, petahana kepala daerah wajib mengambil cuti saat kampanye. Ahok keberatan karena masa jabatan petahanan menjadi berkurang karena kewajiban itu.

Keberatannya bertambah karena pada UU Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pemilihan Presiden, petahana presiden tak diwajibkan cuti. Perbedaan ketentuan tersebut, menurut Ahok, menimbulkan perbedaan kedudukan di mata hukum antara petahana kepala daerah dengan petahana presiden.

Arief membantah MK lamban dalam memutuskan gugatan yang diajukan Ahok. Molornya putusan hingga hampir setahun ini, kata dia, semata mata untuk mengejar kualitas, bukan kecepatan.

"Tidak lama dong. Perkara cepat lambanya uji materi itu dipengaruhi kompleksitas gugatannya. Gugatan cuti ini kompleks. Kita harus mengedepankan kualitasnya," kata dia.




(UWA)

Penyakit Novanto Kembali Bertambah

Penyakit Novanto Kembali Bertambah

1 hour Ago

Setyo menduga vertigo yang diderita Novanto berasal dari penyakit sinusitisnya.

BERITA LAINNYA