Berkas Ratna Sarumpaet Segera Dilimpahkan

Muhammad Al Hasan    •    Senin, 05 Nov 2018 17:15 WIB
Kabar Ratna Dianiaya
Berkas Ratna Sarumpaet Segera Dilimpahkan
Tersangka kasus penyeberan cerita hoaks Ratna Sarumpaet (tengah) bersiap untuk menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Jakarta. Foto: MI/Pius Erlangga.

Jakarta: Berkas perkara penyebaran informasi palsu yang menjerat Ratna Sarumpaet, eks juru kampanye nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019, segera rampung. Kasus itu segera dilimpahkan polisi ke kejaksaan.

"Tidak berapa lama lagi kita kirim ke sana," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono saat ditemui di Polda Metro Jaya, Senin, 5 November 2018.

Menurut dia, saat ini, penyidik tengah melengkapi berkas formal dan materiel agar memenuhi pasal yang disangkakan kepada Ratna. Untuk sementara, pemeriksaan saksi terkait kasus ini dinyatakan cukup. 

Baca: 3 Saksi Ratna Dikonfrontasi

Dalam kasus ini, kepolisian memang sudah memeriksa beberapa saksi penting. Mereka di antaranya Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais, Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi Dahnil Anzar Simanjuntak, dan Ketua Tim BPN Prabowo-Sandi Nanik S Dayang. 

Sementara itu, akibat kebohongannya yang mengaku dianiaya, Ratna Sarumpaet dijerat Pasal 14 Undang-Undang (UU) 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Pasal 28 juncto Pasal 45 UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Dia terancam hukuman 10 tahun penjara.




(OGI)