KPK Periksa Dua Saksi Terkait Suap APBD Jambi

Muhammad Al Hasan    •    Kamis, 22 Feb 2018 23:42 WIB
kasus suap ott anggota dprd jambi
KPK Periksa Dua Saksi Terkait Suap APBD Jambi
Juru bicara KPK Febri Diansyah. MI/Rommy

Jakarta: KPK memeriksa dua saksi yakni Herwin Desven Eri (swasta) dan Novita Sari (PNS) terkait kasus suap atau gratifikasi proyek-proyek Dinas PUPR Provinsi Jambi pada tahun anggaran 2014-2017. Pemeriksaan kedua saksi tersebut untuk mendalami peran kedua tersangka yakni Arfan dan Zumi Zola dalam proyek tersebut.

"Penyidik hari ini memeriksa dua orang saksi dalam perkara TPK menerima gratifikasi  terkait proyek-proyek di Dinas PUPR Provinsi Jambi Tahun 2014-2017," kata Febri saat ditemui di Gedung Dwi Warna KPK, pada Kamis , 22 Februari 2018.

Dalam pemeriksaan kali ini penyidik komisi antirasuah ini mendalami aliran uang yang diduga diterima oleh kedua tersangka.

Sebelumnya, KPK menetapkan Gubernur Jambi Zumi Zola dan Plt Kadis PUPR Jambi Arfan (ARN), selaku pihak penerima gratifikasi atas sejumlah proyek di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi sebagai tersangka.

Keduanya diduga kuat 'memalak' sejumlah pengusaha dengan dalil izin sejumlah proyek di Pemprov Jambi. 

Uang gratifikasi yang diterima dari sejumlah proyek itu disiapkan Zumi Zola sebagai 'uang ketok palu' kepada DPRD Jambi. Tujuannya untuk memuluskan APBD Jambi tahun anggaran 2018.

Atas perbuatannya keduanya disangkakan mmelanggar Pasal 12B atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah UU Nomor 20 Tahun 2001, jo Pasal 55 Ayat 1 ke 1 KUHP.


(SCI)

Aset Novanto Terancam Disita KPK

Aset Novanto Terancam Disita KPK

4 hours Ago

Penyitaan dilakukan untuk membayar sisa uang pengganti kerugian negara atas korupsi KTP-el, yan…

BERITA LAINNYA