Polri Janji Pulangkan 16 Korban Human Trafficking di Tiongkok

   •    Jumat, 21 Sep 2018 13:00 WIB
perdagangan manusia
Polri Janji Pulangkan 16 Korban Human Trafficking di Tiongkok
Ketua Umum PSI Grace Natalie, Jangkar Solidaritas PSI serta perwakilan keluarga 16 korban human trafficking saat bertemu dengan Satgas Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) Bareskrim Polri.

Jakarta: Satgas Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) Bareskrim Polri berjanji akan menindaklanjuti kasus penjualan manusia atau human Trafficking. Polri akan berupaya memulangkan 16 perempuan itu yang kini masih di Tiongkok.
 
Hal itu terungkap dalam pertemuan yang dilakukan Ketua Umum PSI Grace Natalie, Jangkar Solidaritas PSI yang diwakili Muannas Alaidid, bersama perwakilan keluarga 16 korban human trafficking dan Satgas Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) Bareskrim Polri.
 
Beberapa perwaklian keluarga korban yang hadir dalam pertemuan kemarin antara lain Nur Hidayat dan Ibu Ela. Keduanya mengutarakan, para korban diimingi bekerja di Jakarta dengan gaji yang besar. Pada kenyataannya korban justru dibawa ke Tiongkok untuk menjalani kawin paksa.
 
Setelah mendengar pengaduan para korban, akhirnya Satgas TPPO, melalui Kombes Pol. Agus Nugroho mengambil sikap dan menyampaikan informasi terkini sebagai berikut:
 
1. Satgas TPPO Polri telah berkoordinasi dengan Kepolisian Tiongkok dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tiongkok untuk turut membantu memantau/memonitor para korban agar terjamin keselamatannya.
 
2. Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tiongkok telah menginformasikan bahwa ada 2 dari 16 korban telah melarikan diri dari rumah suaminya, dan kedua korban sudah berada di Kedutaan dalam keadaan selamat.
 
3. Selanjutnya Satgas TPPO Polri secara maraton akan berkoordinasi dengan lembaga terkait untuk segera menjemput atau memulangkan semua korban dalam waktu dekat.

Baca: Bamsoet: Perdagangan Manusia Perbuatan Biadab

Tiga pelaku yang telah menjadi perantara maupun penjual 16 orang korban sudah ditangkap oleh Polda Jawa Barat.
 
"Saat ini, Jangkar Solidaritas PSI mewakili keluarga korban bersama Ketua Umum PSI Grace Natalie, Satgas TPPO Bareskrim Polri, Kemenlu, dan lembagai terkait lain termasuk Ses NCB Interpol sedang berkoordinasi dan bekerja sama untuk memulangkan 16 korban dalam waktu dekat," ungkap Muannas Alaidid.
 
Alaidid mengatakan, keluarga korban berharap Presiden Jokowi melalui Kementerian Luar Negeri dan semua stakeholder melakukan diplomasi kepada pemerintahan Tiongkok.
 
"Memudahkan Satgas TPPO Polri melakukan penjemputan para korban ke rumah masing-masing secara bersama-sama melalui polisi kedua negara," kata dia.


(FZN)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA