Zumi Marah Anak Buah tak Kumpulkan Banyak Fee

Fachri Audhia Hafiez    •    Kamis, 27 Sep 2018 15:52 WIB
Hari Kartiniott anggota dprd jambi
Zumi Marah Anak Buah tak Kumpulkan Banyak <i>Fee</i>
Suasan sidang Zumi Zola - Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.

Jakarta: Asrul Pandapotan Sihotang, orang dekat Gubernur nonaktif Jambi Zumi Zola, mengungkapkan sang bos pernah marah-marah soal fee proyek. Zumi murka lantaran fee proyek yang dikumpulkan anak buahnya lebih kecil dari upeti yang dia dapat saat menjabat Bupati Tanjung Jabung Timur periode 2011-2016. 

Hal ini terungkap dalam sidang lanjutan perkara suap dan gratifikasi dengan terdakwa Zumi Zola di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta Pusat. Mulanya, Jaksa Penuntut Umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membacakan ulang keterangan Asrul dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP).

"Pada saat itu terdakwa marah dan menekankan, 'masa fee saya terima waktu bupati dan gubernur masih dianggap di bawah bupati," kata JPU KPK Tri dalam persidangan, Kamis, 27 September 2018.

Hal itu diketahui Asrul saat orang kepercayaan Zumi Zola, Apif Firmansyah sedang melakukan pengumpulan fee proyek tahun 2016. Terkait BAP itu, Asrul membenarkan. 

(Baca juga: Zumi Perintahkan Bawahan Cari Uang untuk Kurban)

"Saya kalau tidak salah (mendengar) saat itu di rumah dinas Pak Gubernur tapi saya tidak ada saat itu, saya datang terlambat. Saya cuma mendengar terdakwa (Zumi) menyampaikan keluhan," kata Asrul menimpali jaksa. 

Asrul menyebut Zumi marah lantaran fee dari sejumlah proyek pada 2016 hanya Rp8 miliar. Fee dinilai terlampau kecil lantaran telah diambil gubernur sebelummya.

Dalam perkara ini, Zumi Zola didakwa menyuap Rp16,490 miliar ke DPRD Jambi. Uang itu diduga untuk memuluskan pembahasan Rancangan Perda APBD Jambi tahun 2017-2018.

Tidak hanya itu, Zumi juga didakwa menerima sejumlah gratifikasi dengan nilai total Rp44 miliar dan mobil Toyota Alphard. Gratifikasi itu juga diduga mengalir ke keluarga Zumi.
 


(REN)

Hakim Tegur Irvanto

Hakim Tegur Irvanto

38 minutes Ago

Hakim Yanto menyebut, Irvanto memang berhak membantah keterangan para saksi. Namun demikian, Ir…

BERITA LAINNYA