KPK Bantah Pengakuan Istri Irman Gusman

M Rodhi Aulia    •    Kamis, 22 Sep 2016 01:11 WIB
irman gusman ditangkap
KPK Bantah Pengakuan Istri Irman Gusman
KPK. MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membantah pernyataan Liestyana Rizal Gusman, istri mantan Ketua Dewan Perwakilan Daerah Irman Gusman, yang menyebut ada kesalahan prosedur dalam operasi tangkap tangan (OTT) terhadap suaminya. KPK menegaskan sudah bekerja sesuai standard operating procedure (SOP).

"Enggak mungkin kami berani melakukan OTT apalagi dengan high profile seperti itu tidak proper dan baik. Semuanya sesuai dengan apa yang selalu dilakukan KPK," kata Wakil Ketua KPK Laode M. Syarif di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (21/9/2016). Menurut dia, KPK memang memiliki bukti kuat sehingga OTT dilakukan. Salah satunya, adanya pembicaraan sebelum pertemuan antara Direktur CV Semesta Berjaya Xaveriandy Susanto dan Irman Gusman.

"Salah satunya ada rekomendasi (dari Irman)," ujar dia.

Syarif juga berbicara terkait permohonan penangguhan penahanan terhadap Irman. KPK, kata dia, tidak mungkin bisa mengabulkan permohonan itu lantaran harus menjalankan penyidikan secara intensif.

Di samping itu, KPK memiliki waktu penyelidikan dan penyidikan yang terbatas. Mereka hanya punya waktu 60 hari berdasarkan KUHAP sebelum tersangka dilimpahkan ke pengadilan tindak pidana korupsi.

"Harus sebelum batas waktu yang ditentukan oleh KUHAP kepada KPK, harus sudah dilimpahkan ke pengadilan. Karena itu, biasanya tidak pernah diberikan penangguhan penahanan," ucap dia.

Sebelumnya, Istri Irman Gusman mengaku penyidik KPK tidak dibekali surat tugas penangkapan terhadap suaminya. Surat tugas yang ada hanya untuk Xaveriandy Sutanto dan tanggal penugasannya pun berbeda dengan waktu penangkapan Xaveriandy dan Irman.



(OGI)

Video /