Penyebar Video Ricuh Pengembang Reklamasi dengan Konsumen Dibebaskan

Dhaifurrakhman Abas    •    Kamis, 01 Feb 2018 05:04 WIB
reklamasi teluk jakarta
Penyebar Video Ricuh Pengembang Reklamasi dengan Konsumen Dibebaskan
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono. Foto: Antara/Reno Esnir

Jakarta: Polda Metro Jaya membebaskan William, orang yang diduga menyebarluaskan video ricuh terkait pertemuan pengembang properti dengan kosumennya ke situs YouTube. Ia dibebaskan setelah memenuhi syarat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Argo Yuwono menjelaskan, William dibebaskan setelah melayangkan permintaan maaf kepada pengembang reklamasi, PT Kapuk Naga Indah (PT KNI), selaku pihak yang dirugikan. William juga diharuskan melayangkan permintaan maaf melalui media massa.

"Sudah dicabut kok laporannya, sudah SP3 sejak 3-4 hari yang lalu," kata Argo, kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu 31 Januari 2018.

Baca juga: Penyebar Video Ricuh Pengembang Reklamasi dengan Konsumen Ditahan

Meski telah membebaskan Wiliam, kata Argo, polisi tidak menghentikan kasus ini. Kasus yang diusut bukan lagi tentang pelaku penyebaran video, melainkan soal konsumen yang terekam melontarkan ujaran yang dianggap merugikan pihak PT KNI.

"Jadi begini, kan ada video pertemuan antara konseumen properti dengan pihak pengembangnya, nah ada konsumen yang terekam memaki-maki pihak pengembang" ujar Argo.

Sebelumnya, video kericuhan antara konsumen dengan pengembang reklamasi PT KNI, sempat beredar di media sosial. Kericuhan itu diduga terjadi pada saat pertemuan konsumen dengan pihak pengembang pada Desember 2017.

Atas video tersebut, PT KNI melayangkan gugatan ke Polda Metro Jaya. PT KNI merasa dirugikan dengan beredar luasnya video tersebut. 

Laporan itu dibuat oleh Lenny Marlina yang disebut sebagai kuasa hukum dari PT KNI dengan Laporan polisi yang diajukan Lenny terdaftar dalam LP/6076/XII/2017/PMJ/Dit.Reskrimsus tertanggal 11 Desember 2017. Lenny melaporkan dengan dugaan penyebaran fitnah dan pencemaran nama baik.



(CIT)