Lagi, Eggi Sudjana Dipolisikan

Whisnu Mardiansyah    •    Senin, 09 Oct 2017 16:52 WIB
ujaran kebencian
Lagi, Eggi Sudjana Dipolisikan
Ketua Umum Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia melaporkan Eggi Sudjana - MTVN/Whisnu Mardiansyah.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengacara Eggi Sudjana kembali dilaporkan ke Bareskrim Polri oleh Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia. Eggi dilaporkan atas dugaan penodaan terhadap agama. 

"Kita ubah pasal. Awalnya kan ITE di unit siber. Tapi kita ubah ke sangkaan Pasal 156a (penodaan agama) sehingga dipindah ke pidana umum," kata Ketua Umum DPP Peradah, Suresh Kumar, di Bareskrim Mabes Polri, Jalan Medan Merdeka Timur, Senin 9 Oktober 2017. 

Suresh mengaku belum berkoordinasi dengan pihak lain yang turut melaporkan Eggi. Ia tak mempersalahkan bila kemudian hari, berkas pelaporan digabungkan dengan pelapor lainnya. 

"Itu kan haknya penyidik. Mereka punya mekanisme," ucap dia. 

Eggi dipolisikan lantaran pernyataan yang viral di media sosial. Pernyataan Eggi dirasa mengganggu kebhinekaan karena berbau SARA. Dalam video-nya, Eggi menyebut pemeluk agama selain muslim bertentangan dengan Pancasila. 

Menurut Eggi, hanya agama Islam yang sesuai dengan Pancasila, sehingga kalau Perppu (Peraturan pengganti Undang-Undang) Ormas (organisasi masyarakat) disetujui, agama lain harus dibubarkan. Eggi mengatakan hal tersebut saat diwawancarai oleh sejumlah media nasional. Kemudian video itu menjadi viral dan dianggap membuat kegaduhan.
 


(REN)