Auditor BPK Cabut BAP Usai Bertemu Fahri

Juven Martua Sitompul    •    Rabu, 04 Oct 2017 18:00 WIB
suap di bpk
Auditor BPK Cabut BAP Usai Bertemu Fahri
Rochmadi Saptogiri. Foto: MI/Rommy.

Metrotvnews.com, Jakarta: Auditor Utama Keuangan Negara III BPK Rochmadi Saptogiri mencabut berita acara pemeriksaan (BAP) awal. Tidakan itu dilakukan Rochmadi setelah bertemu Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah di Rutan Polres Jakarta Timur.
 
Hal itu terungkap dalam sidang lanjutan dua terdakwa pejabat Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Sugito dan Jarot Budi Prabowo. Dalam sidang, jaksa KPK mengonfirmasi alasan Rochmadi mencabut BAP. Padahal, dalam BAP awal Rochmadi mengakui menerima uang Rp200 juta dari pejabat Kemendes PDTT melalui Auditor BPK Ali Sadli.

Baca: BPK tak Beri DPR Opini Buruk karena Takut Dimarahi Akom dan Fahri

"Yang mulia saya ditangkap saat rapat. Saya sebagai ketua Korpri. Kemudian saya dengar ribut-ribut di dalam, ternyata sudah banyak teman KPK dan Ali didorong nyari di ruangan saya dan Ali menunjuk di bawah," kata Rochmadi dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu 4 Oktober 2017.
 
Rochmadi mengatakan, uang Rp200 juta itu diakuinya lantaran lelah diperiksa selama 24 jam oleh penyidik. Rochmadi mengaku di bawah tekanan hingga akhirnya mengamini pertanyaan-pertanyaan penyidik.
 
"Malam itu enggak akan saya lupakan, malam Ramadan. Begitu tersangka, saya sudah ngenes kemudian saya bilang ya sudah terserah lah," ujarnya.
 
Pada pemeriksaan lanjutan, Rochmadi akhirnya membantah semua pengakuan sebelumnya. Kepada penyidik, Rochmadi mengklaim uang Rp1 miliar lebih di dalam brangkas yang disita KPK adalah uang pribadinya.
 
"Saya bisa jelaskan satu persatu. Jadi keterangan ini sudah saya ubah dan saya enggak tahu menahu," kata Rochmadi di hadapan majelis hakim.
 
Mendengar jabawan itu, jaksa KPK lantas mencecarnya soal penandatangan BAP. Namun, Rochmadi lagi-lagi berkelit kalau BAP dia tandatangani tanpa membaca seluruh isinya.

Baca: KPK Dalami Pertemuan Mendes dengan Auditor BPK)

"Tidak seluruhnya saya baca. Saya langsung tanda tangan, saya hanya berpikir segera selesai langsung keluar dari KPK, 24 jam lebih saya di KPK. Dalam benak saya gimana saya cepat keluar," kilah Rochmadi.
 
Jaksa KPK kembali mencecar Rochmadi perihal pertemuannya dengan sejumlah pihak di Rutan Polres Jakarta Timur sebelum pencabutan BAP, salah satunya Fahri Hamzah. Rochmadi tak menampik dan mengamini pertemuan tersebut. "Seingat saya ada, saudara Fahri Hamzah Anggota DPR," jawab Rochmadi.
 
Jaksa KPK menanyakan apa yang disampaikan Fahri dalam pertemuan itu. "Dia katakan sabar ini ujian Allah, ini takdir Ilahi," kata Rochmadi.
 
Terakhir, jaksa KPK kembali bertanya apakah pencabutan BAP itu berkaitan dengan pertemuannya dengan Fahri. Namun, hal itu dibantah Rochmadi. "Tidak terpengaruh siapa pun," kata Rochmadi.




(FZN)