Yudi Widiana Jalani Sidang Perdana di Pengadilan Tipikor

Damar Iradat    •    Rabu, 06 Dec 2017 07:33 WIB
suap proyek di kemenpu-pera
Yudi Widiana Jalani Sidang Perdana di Pengadilan Tipikor
Politikus PKS Yudi Widiana/MI/Rommy Pujianto

Jakarta: Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Yudi Widiana Adia menjalani sidang perdana di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, hari ini. Yudi merupakan salah satu tersangka dalam perkara suap proyek pembangunan jalan di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR).

Yudi akan mendengar surat dakwaan yang sudah disusun jaksa penuntut umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Bekas anggota Komisi V DPR RI itu diduga menerima uang suap dari Direktur PT Cahaya Mas Perkasa, Sok Kok Seng alias Aseng Rp4 miliar. Pemberian uang diduga untuk mengatur jalannya dana aspirasi DPR untuk proyek pembangunan ruas jalan milik Kementerian PUPR di daerah Maluku dan Maluku Utara.

Yudi disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tipikor juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

Sebelumnya, kolega Yudi di Komisi V, Damayanti Wisnu Putranti divonis bersalah. Ia dijatuhi hukuman 4,5 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider 3 bulan kurungan.

Berkat Damayanti sebagai justice collaborator, bancakan uang di Komisi V terkuak. Selain Damayanti, Budi Supriyanto dari Fraksi Golkar, Andi Taufan Tiro dari Fraksi PAN, dan Musa Zainuddin dari Fraksi PKB juga telah divonis bersalah. Budi Supriyanto telah dijatuhi hukuman 5 tahun penjara, sedangkan, Andi Taufan Tiro dan Musa divonis 9 tahun penjara.

Sementara itu, dari pihak swasta, Direktur Utama PT Windhu Tunggal Utama Abdul Khoir juga telah dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman empat tahun penjara. Selain itu, Sok Kok Seng, alias Aseng, yang merupakan Komisaris PT Cahaya Mas Perkasa divonis empat tahun penjara.


(OJE)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

23 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA