Panglima TNI Siap Jelaskan Kecelakaan Tank ke Komisi I

Fachri Audhia Hafiez    •    Rabu, 14 Mar 2018 18:23 WIB
tni ad
Panglima TNI Siap Jelaskan Kecelakaan Tank ke Komisi I
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto - Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.

Jakarta: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto siap menjelaskan perihal kecelakaan tank di Sungai Bogowonto, Purworejo, Jawa Tengah pada Komisi I DPR. Pertemuan TNI-Komisi I dijadwalkan berlangsung pekan depan.  

"Kalau memang sudah ada hasil kami siap sampaikan," kata Hadi di Markas Besar (Mabes) TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu, 14 Maret 2018.

Pertemuan tersebut juga akan dihadiri oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacidu, KSAD Jenderal TNI Mulyono, KSAL Laksamana Ade Supandi, dan KSAU Marsekal Yuyu Sutisna.

"Pertemuan tersebut juga didampingi Menhan dan kepala staf," imbuh Hadi.

Penyebab pasti kecelakaan tank yang membawa puluhan siswa pendidikan anak usia dini (PAUD) tersebut kini masih diinvestigasi. Hadi menyebutkan, penyebabnya bisa dimungkinkan faktor kelalaian manusia atau kendala teknis.

(Baca juga: TNI AD Masih Investigasi Kecelakaan Tank di Purworejo)

"Masih diinvestigasi, apakah permasalahan dari mekanik atau human error," imbuh Hadi.

Ketua DPR Bambang Soesatyo sebelumnya meminta Komisi I untuk menggelar rapat dengan Panglima TNI terkait dengan kecelakaan tank di Sungai Bogowonto yang menewaskan dua orang. Rapat diagendakan membahas mengenai kronologi dan penyebab kecelakaan Tank M113A1 milik TNI AD tersebut.

Tank M113 milik TNI AD tenggelam di Sungai Bogowonto, Sabtu, 10 Maret 2018. Tank itu tengah mengangkut siswa PAUD dan TK Sindurjan, Purworejo, dalam kegiatan outbond.

Kecelakaan tank tersebut menewaskan dua orang korban. Satu di antaranya yaitu Pratu Randi Suryadi dan seorang lainnya yaitu Kepala PAUD Iswandari.

(Baca juga: Duka Keluarga Guru PAUD Purworejo)
 


(REN)