Fachrori Ditunjuk jadi Pengganti Zumi Zola

M Sholahadhin Azhar    •    Selasa, 10 Apr 2018 13:20 WIB
ott anggota dprd jambi
Fachrori Ditunjuk jadi Pengganti Zumi Zola
Mendagri Tjahjo Kumolo - Medcom.id/Lis Pratiwi.

Jakarta: Jabatan Gubernur Jambi yang disandang Zumi Zola segera diganti. Kemarin, KPK menahan Zumi terkait kasus suap dan gratifikasi sejumlah proyek di Jambi. 

"Sore ini Wakil Gubernur Jambi (Fachrori) ditunjuk Mendagri sebagai Plt Gubernur Jambi," kata Mendagri Tjahjo Kumolo, Selasa, 10 April 2018.

Tjahjo menyebut pihaknya telah berkoordinasi dengan KPK dan menerima putusan penahanan Zumi Zola. Politikus PDIP itu bilang, urgensi diangkatnya Fachrori sebagai Plt Gubernur yakni untuk memastikan kewajiban kepala daerah tetap berjalan.

"Untuk mengisi kekosongan pemerintahan di Provinsi Jambi di mana Gubernur Jambi sudah berhalangan memimpin pemerintahan sehari-hari," imbuh Tjahjo.

Namun, Tjahjo tak bakal hadir langsung dalam penyerahan Surat Keputusan (SK) Plt Gubernur Jambi. Penyerahan akan dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Kemendagri Hadi Purnomo.

(Baca juga: Zumi Zola Benarkan Ada Uang Ketuk Palu RAPBD Jambi)

"Penyerahan SK Mendagri dilaksanakan oleh Sekjen Kemendagri atas nama Mendagri di kemendagri," tandas Tjahjo.

Gubernur Jambi Zumi Zola ditahan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Langkah itu diambil usai Zumi menjalani pemeriksaan kedua sebagai tersangka suap dan gratifikasi atas sejumlah proyek di Pemprov Jambi.

Eks Politikus Partai Amanah Nasional (PAN) ini bergeming saat digiring petugas KPK ke mobil tahanan yang sudah terparkir di pelataran. Zumi Zola hanya tertunduk dan tak sedikit pun menjawab pertanyaan awak media perihal penahanannya.

Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan orang nomor satu di Jambi itu ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) cabang KPK di Kavling C-1. Dia akan meringkuk di sana untuk 20 hari pertama.

"ZZ ditahan 20 hari pertama," kata Febri saat dikonfirmasi, Jakarta, Senin, 9 April 2018.

(Baca juga: Zumi Zola Disebut Merestui Suap DPRD Jambi)





(REN)