Eks Pimpinan KPK Beberkan Sulitnya Ungkap Kasus Century

Muhammad Al Hasan    •    Sabtu, 28 Apr 2018 19:11 WIB
bank century
Eks Pimpinan KPK Beberkan Sulitnya Ungkap Kasus Century
Mantan Wakil Ketua KPK Bibit Samad Rianto. Foto: Medcom.id/M Al Hasan.

Jakarta: Mantan pimpinan KPK Bibit Samad Rianto membeberkan kesulitannya dalam mengungkap kasus Bank Century. Ia bilang ada konspirasi dalam kasus itu.

"Mulai penyelidikan sudah direkayasa. dua tahun aku mempertahankan, setelah itu, kita belum (lakukan) ini, waktu sudah habis," beber Bibit saat ditemui di DPP PSI, Jakarta Pusat, Sabtu, 28 April 2018.

Ia mengatakan ada intervensi politik yang kuat dan besar yang hendak melemahkan KPK, yakni dengan adanya Pansus Century, yang ia nilai sebagai penghambat KPK dalam menyelesaikan kasus.

"Intervensi politik besar, artinya belum-belum DPR sudah bikin pansus Century, tapi (setelah itu) selesai di politik," kata dia.

Menurut Bibit, intervensi melalui pansus mengganggu jalannya penyidikan oleh KPK. Sehingga secara tidak langsung mengganggu kinerja KPK.

"Dari DPR kan pansus itu terbuat. Kalau kita penyelidikan kan belum-belum sudah direcokin, mereka kan punya pendapat gini-gini mengarahkan penyidikan. kita enggak mau," ujar Bibit.

Bahkan kata Bibit, dari awal ada pihak-pihak yang sengaja ingin melemahkan KPK secara politis. Menurut dia, pelemahan yang lebih parah tergambar di Kasus penganiayaan Penyidik Senior KPK Novel Baswedan hingga melukai mata dan harus menjalani perawatan total.

"KPK itu dilemahkan dari awal, dari awal judicial review, dari awal direkayasa, aku pun pernah ditahan lima hari," tandas dia.


(SCI)