Irman dan Sugiharto Dieksekusi ke Lapas Sukamiskin

Juven Martua Sitompul    •    Rabu, 02 May 2018 19:53 WIB
korupsi e-ktp
Irman dan Sugiharto Dieksekusi ke Lapas Sukamiskin
Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK. (Foto: Antara/Aprillio Akbar).

Jakarta: Jaksa eksekutor pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengeksekusi dua terpidana kasus dugaan korupsi KTP-el, Irman dan Sugiharto. Dua mantan pejabat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) itu dieksekusi ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

"Keduanya dieksekusi ke Lapas Sukamiskin Bandung untuk menjalani pidana masing-masing sesuai putusan Mahkamah Agung (MA)," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta, Rabu, 2 Mei 2018.

Irman dan Sugiharto akan menjalani masa tahanan di Lapas Sukamiskin masing-masing selama 15 tahun sebagaimana putusan majelis hakim MA yang memperberat hukuman keduanya.

Sebelumnya, Irman dan Sugiharto divonis bersalah oleh majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta. Dalam putusan majelis hakim Tipikor, Irman dihukum 7 tahun penjara dan Sugiharto 5 tahun penjara.

Baca juga: Hukuman Irman dan Sugiharto Diperberat

Namun, jaksa KPK melakukan banding atas vonis tersebut. Pada akhirnya majelis hakim MA pun memutuskan memperberat hukuman Irman dan Sugiharto.

Dalam amar putusan MA, hukuman Irman diperberat menjadi 15 tahun bui, denda Rp500 juta subsider 8 bulan kurungan. Bahkan, majelis hakim MA juga menjatuhkan pidana tambahan uang pengganti USD500 ribu dan Rp1 miliar dikurangi dengan uang yang telah dikembalikan kepada KPK sebesar USD300 ribu.

Sedangkan, Sugiharto diperberat menjadi 15 tahun penjara, denda Rp500 juta subsider 8 bulan kurungan. Sugiharto juga diwajibkan membayar uang pengganti USD450 ribu dan Rp460 juta dikurangi dengan uang yang telah dikembalikannya kepada KPK sebesar USD430 ribu dan 1 unit mobil Honda Jazz senilai Rp150 juta.


(HUS)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA