Sambangi Kejagung, Habieb Rizieq Sampaikan Tiga Tuntutan

Whisnu Mardiansyah    •    Jumat, 25 Nov 2016 18:53 WIB
kasus hukum ahok
Sambangi Kejagung, Habieb Rizieq Sampaikan Tiga Tuntutan
Imam Besar FPI Rizieq Shihab. Foto: MI/Arya

Metrotvnews.com, Jakarta: Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab menyambangi Kejaksaan Agung. Kedatangannya untuk mengawal berkas perkara Ahok yang sudah berada di tangan Kejaksaan Agung.
 
"Kami dengar berita berkas Ahok sudah dilimpahkan ke Kejagung. Sesuai dengan komitmen, kami akan mengawal terus kasus ini, maka kami datang," kata Rizieq di Kejaksaan Agung, Jalan Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Jumat (25/11/2016).
 
Awalnya, Rizieq hendak menemui Jaksa Agung HM Prasetyo. Namun Prasetyo tidak ada di tempat. Rizieq diterima Jampidum dan Jamintel Kejaksaan Agung.
 
Rizieq datang ke Kejagung menuntut tiga hal dalam pelimpahan berkas perkara tahap pertama ini. Pertama, ia menuntut berkas perkara segera P21 dan tidak diulur-ulur.
 
"Kedua, setelah P21 tentu kita minta percepatan agar segera dilimpahkan ke pengadilan. Karena kasus ini membuat gaduh bangsa, bukan hanya Ibu Kota, tapi nasional bahkan heboh internasional. Lebih cepat disidangkan lebih baik," kata Rizieq.
 
Ketiga, ia meminta Kejagung menggunakan haknya untuk menahan Ahok. "Tuntutan kami sejak awal tidak berubah, Ahok harus ditahan. Kami akan lihat ke depan bagaimana perkembangannya," tegas Rizieq.

Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum, Noor Rachmad berjanji tidak akan mengulur-ulur kasus itu. Tapi, ada proses hukum yang harus dilalui sebelum perkara itu dilimpahkan ke pengadilan.
 
"Saya jelaskan, kami baru menerima berkas tahap pertama tadi pagi. Tentunya selama penelitian, domain posisi tersangka itu masih di penyidik. Sehingga kami belum bisa melakukan apa-apa. Apalagi mengatakan pidana atau tidak," ujar Rachmad.




(FZN)