BNPT Ingatkan Kewaspadaan Seruan Teror ISIS

Whisnu Mardiansyah    •    Jumat, 16 Jun 2017 02:38 WIB
isis
BNPT Ingatkan Kewaspadaan Seruan Teror ISIS
Ilustrasi ISIS (Foto: BBC)

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) meminta semua pihak waspada menghadapi seruan kelompok teroris ISIS kepada anggotanya untuk menggencarkan aksi teror ke seluruh dunia. Aksi teror semakin besar karena dilakukan individu tidak lagi terstruktur.

"Antisipasi BNPT adalah antisipasi negara untuk tingkatkan kewaspadaan. BNPT bukan badan penindak tetapi badan pencegah," kata Jubir BNPT Irfan Idris kepada Metrotvnews.com di komplek Parlemen, Jakarta Selatan, Kamis 15 Juni 2017.

Pola serangan teror individu atau lone wolf inilah yang sulit terdeteksi. BNPT meminta masyarakat turut berperan serta mengawasi lingkungan sekitar dari gerak-gerik mencurigakan.

"Agar jangan terpengaruh kelompok radikal yang menggunakan bahasa agama," kata Idris.

BNPT juga meminta masyarakat membudayakan kembali tradisi guyub dan sosialisasi antarsesama warga. Warga perlu mendekatkan warga yang cenderung tertutup dan enggan bersosialisasi dengan warga sekelilingnya.

Ancaman-ancaman teror individu muncul karena pelaku cenderung tertutup dan warga sekitar pun acuh dengan keadaan sekelilingnya.

"Ajak RT RW secara rutin berkumpul bersama di pos atau apa, kalau ada warga yang tidak mau ketemu kita datangi rumahnya," papar dia.


(REN)

KPK Masih Telusuri Dugaan Keterlibatan 7 Penyidik di Kasus KTP-el

KPK Masih Telusuri Dugaan Keterlibatan 7 Penyidik di Kasus KTP-el

2 hours Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan pemeriksaan internal terhadap tujuh orang penyidi…

BERITA LAINNYA