Sidang Kasus Dugaan Penodaan Agama

Kuasa Hukum Ahok Siap Lawan Tuntutan Jaksa Melalui Pleidoi

Ilham wibowo    •    Kamis, 20 Apr 2017 10:41 WIB
kasus hukum ahok
Kuasa Hukum Ahok Siap Lawan Tuntutan Jaksa Melalui Pleidoi
Ahok dalam sidang pembacaan tuntutan/ANT/Muhammad Adimaja

Metrotvnews.com, Jakarta: Pihak Basuki 'Ahok' Tjahja Purnama siap menghadapi apa pun hasil tuntutan jaksa penuntut umum (JPU). Ahok akan menyampaikan bantahan lewat pembacaan pleidoi atau nota pembelaan pada sidang berikutnya.

"Kami ingin menguji keberanian jaksa penuntut umum untuk menuntut bebas. Kami siap untuk mendengar tuntuan dan siap dalam pembacaan pledoi," kata Anggota tim Kuasa Hukum Ahok, Teguh Samudra, di Auditorium Kementerian Pertanian, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis 20 April 2017.

Melalui pleidoi, tim kuasa hukum akan membela apabila jaksa tetap melanjutkan dakwaan terhadap Ahok, yakni tindak pidana pasal 156 a dan atau 156 KUHP. Teguh siap membuktikan tidak ada unsur kesengajaan apabila Ahok dituntut dalam pasal 156a.

Tim kuasa hukum Ahok juga akan kembali mengulas pidato yang disampaikan Ahok di Kepulauan Seribu untuk meyakinkan majelis hakim. Ia yakin tak ada tindak pidana penodaan agama yang dilakukan bekas Bupati Belitung Timur itu.

"Didasarkan pada beberapa keterangan ahli pidana, bahasa, dan agama. Juga keterangan psikologi sosial. Tidak ada dalam pidato kesengajaan untuk menodai agama," tegas dia.

Teguh menuturkan, pihaknya juga siap jika Ahok dituntut sesuai dakwaan kedua, yakni pasal 156 KUHP. Menurut Teguh, tuntutan dalam pasal itu akan lebih mudah dipatahkan dalam pleidoi. Kuasa hukum, kata Teguh, akan menyiapkan berkas pleidoi dengan teori-teori yang mudah dipahami.

"Jika yang dituntut atas dasar dakwaan kedua yakni pasal 156, itu lebih mudah lagi. Tidak pernah pak Basuki melakukan permusuhan atau kebencian terhadap golongan rakyat Indonesia. Kami akan argumentasi yuridis materiil dalam pleidoi yang akan datang," kata Teguh.


(OJE)