Kenaikan Harga Cabai dan Bawang Putih Diusut

Faisal Abdalla    •    Selasa, 13 Mar 2018 18:35 WIB
pangan
Kenaikan Harga Cabai dan Bawang Putih Diusut
Kepala Satgas Pangan Irjen Setyo Wasisto. Foto: MI/Rommy Pujianto.

Jakarta: Harga komoditi cabai dan bawang putih mengalami kenaikan di sejumlah daerah. Satuan Tugas (Satgas) Pangan Mabes Polri tengah menelusuri penyebab kenaikan harga tersebut. 

"Hari ini juga saya rapat dengan Kemendag terkait masalah daging sapi, cabai, dan bawang putih juga. Kita minta mohon doanya," kata Kepala Satgas Pangan Irjen Setyo Wasisto di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa, 13 Maret 2018. 

Kadiv Humas Mabes Polri itu mengatakan ada beberapa faktor yang bisa memicu kenaikan harga komoditi cabai dan bawang putih. Salah satunya, gangguan pasokan komoditi itu. 

"Kalau sekarang naik ya naiknya di mana. Naik itu ada beberapa faktor. Mulai dari pasokan, rantai distribusinya, ada kendala apa," kata Setyo. 

Baca: Harga Cabai Rawit dan Bawang Bergerak Turun

Setyo mengatakan pasokan komoditas cabai sangat bergantung cuaca. Faktor tersebut diduga menjadi penyebab terganggunya pasokan cabai sehingga mempengaruhi harga di pasaran. 

"Komoditas cabai bisa bertahan hanya 3 hari. Kalau cuaca buruk enggak sempat dipanen bisa rusak. Kalau pasokan kurang pasti di Jakarta dan daerah lain akan terganggu," ungkap Setyo. 

Sementara terkait bawang putih, menurut Setyo, harga komoditi sangat tergantung oleh ketersediaan pasokan impor. "Karena kita belum bisa memenuhi semua kebutuhan dari dalam negeri," ujar dia. 


(OGI)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA