Peneliti LIPI Sebut Konflik Papua Terkait Gerakan Papua Merdeka

Lis Pratiwi    •    Senin, 13 Nov 2017 12:44 WIB
kelompok bersenjata di papua
Peneliti LIPI Sebut Konflik Papua Terkait Gerakan Papua Merdeka
Ilustrasi kelompok bersenjata, MTVN - M Rizal

Jakarta: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyatakan kasus yang terjadi di Papua saat ini bukanlah penyanderaan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Peristiwa tersebut, merupakan perlawanan sekelompok orang Papua yang menentang kekuatan pemerintah Indonesia.

“Saya telah mengecek ke teman-teman di Papua, di Timika dan Jayapura. Jadi mereka kelompok perlawanan politis yang ingin membebaskan diri dari kekuasaan Indonesia dan Freeport,” kata Peneliti tim kajian Papua LIPI, Cahyo Pamungkas kepada Metrotvnews.com, Senin 13 November 2017.

Berdasarkan penelitian, Cahyo menuturkan, kelompok tersebut merupakan bagian dari tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) yang berada di dalam daerah Komando Militer III di Timika. 

“Cuma yang saya belum tahu ini (identitas) komandanya yang di lapangan ya, kalau yang membuat pernyataan itu kan memang salah satu pemimpin di sana,” beber dia.

Cahyo menduga, masalah utama dari kasus ini adalah ketidakadilan yang dirasakan oleh masyarakat Papua. Ketimpangan besar tersebut menjadikan kekuatan Organisasi Papua Merdeka (OPM) masih tinggi, utamanya di daerah Tembagapura.

(Baca juga: Kelompok Separatis Papua Bantah Lakukan Penyanderaan)

Masalah ini sudah terjadi sejak tahun 1970-an. Kala itu, tambah Cahyo, gerakan dipimpin oleh Kelly Kwalik. Usai Kwalik terbunuh, komandan lain bergantian hingga saat ini. 

“Itu sejak tahun 70-an sudah bergolak di daerah perbatasan. Karena di sana itu masih ada ketimpangan, ketidakadilan, sehingga kekuatan OPM masih besar,” imbuh dia. 

Sekitar 1.300 warga yang bermukim di sekitar Kimberly hingga Banti, Distrik Tembagapura, Jayapura, Papua diisolasi oleh  kelompok kriminal bersenjata (KKB). Mereka dilarang keluar dari kampungnya sendiri sejak minggu lalu.

Hingga saat ini Polri terus mencari cara untuk membebaskan warga. 

(Baca juga: Penyanderaan di Papua Diduga Rebutan Lapak Mendulang)
 


(REN)

Ganjar Pranowo Bantah Tudingan Nazaruddin

Ganjar Pranowo Bantah Tudingan Nazaruddin

1 hour Ago

Nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo disebut-sebut sebagai salah satu orang yang menerima …

BERITA LAINNYA